Gegara Sulit Buka Password, Pencuri Spesialis Handphone Ini Berhasil Diringkus

0
542
Ilustrasi Pencurian (Foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM— Giat operasi yang dilakukan jajaran Satreskrim Polres Halut, berhasil menangkap seorang pencuri. Diketahui tersangka berinisial BBH alias Boboho ini merupakan pencuri spesialis handphone yang sering beraksi di wilayah Tobelo dan sekitarnya.

Dari informasi yang diterima harianhalmahera.com, BBH berhasil diamankan setelah dilakukan pengembangan kasus pencurian pada Senin (2/3) di rumah Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Halut Harim Arrosid, Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo.

Menurut polisi, pelaku beraksi dengan cara mencungkil jendela rumah. Di kediaman Kepala BPS Halut, pelaku mengambil satu buah Hp Samsung C7 warna putih yang berada dalam tas samping di atas tempat tidur. Pelaku juga mengambil sebuah Hp merk Vivo V15 warna merah maron diatas lemari bersama uang tunai Rp 400 ribu.

“Setelah melancarkan aksinya, pelaku keluar melewati pintu belakang rumah korban. Saat terjadinya pencurian, korban dalam keadaan tertidur,” kata Kasubag Humas Polres Halut Iptu Mansur Basing SH.

Terungkapnya pelaku pencurian ini ternyata dari barang hasil pencurian yang sudah dijual ke orang lain, warga Desa Luari. Handphone tersebut sulit dibuka karena memiliki pola kunci. Setelah dicek, handphone tersebut mirip milik Kepala BPS Halut yang hilang, yakni Vivo V15 warna merah maron.

Menurut keterangan saksi Ain Kepper, handphone tersebut ditukar tambah dengan handphone Oppo milik anaknya Erdin. Saksi menyebut, pelaku datang ke rumahnya bersama dua orang laki-laki dan membawah handphone untuk ditukar tambah.

“Saat itu juga polisi meminta bantuan Erdin untuk menunjukkan lokasi pelaku. Pencarian dilakukan di Desa Rawajaya. Pelaku pun tak berkutik saat tim berhasil meringkusnya di kediaman Ababa bersama barang bukti handphone Oppo,” terangnya.

Pelaku saat diinterogasi mengakui handphone lainnya tipe Samsung sudah digadaikan. Pelaku juga mengaku dirinya yang melakukan pencurian di Desa Gosoma, rumah dinas Kepala BPS Halut.

“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan untuk penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here