E-Sport di Malut Menjanjikan

0
170

HARIANHALMAHERA.COM–Geliat olahraga e-Sports di Maluku Utara (Malut) saat ini semakin berkembang pesat. Cabang olahraga baru ini sangat digandrungi semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Guna mewadahi olahraga e-Sports tersebut, terbentuklah Pengurus Besar e-Sports Indonesia (PB ESI). PB ESI sendiri telah diresmikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 18 Januari 2020 di Jakarta dan menunjuk Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan sebagai ketua umum.

Di Malut sendiri, 10 kabupaten/kota kini sudah memiliki kepengurusan e-Sport menyusul kemarin mereka dilantik secara serentak oleh Ketua Harian E-Sport Indonesia Malut, Samsuddin Kadir yang juga Sekprov Malut.

Pelantikan di Aula Melati Ex Kediaman Gubernur di Kelurahan Kalumpang Ternate ini, dilaksanakan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hanya pengurus e-Sport Ternate yang hadir langsung secara fisik dalam pelantikan itu.

Samsuddin berharap E-Sport Indonesia di Malut bisa berkonsolidasi dengan cepat dan mampu untuk mengkoordinir semua atlet, Club dan Komunitas.

Hal senada juga disampaikan Ketua KONI Malut,  Djafar Umar. KONI kata dia sangat mengapresiasi kehadiran E-Sport di Malut dan berharap akan menjadi salah satu olahraga unggulan yang berprestasi.

Ketua e-Sport Kota Ternate Bachtiar Kadir berjanji usai pelantikan, agenda yang akan dilakukan yakni mendata atlet dan klub e-Sport di Kota Ternate untuk bisa bersama-sama memajukan E-Sport di Ternate.

Ketua Bidang Organisasi e-Sport Ternate Mashuri Musyaddad mengaku potensi atlet dan klub e-Sport di Ternate sangat besar dan menjanjikan. Dari data yang dihimpun, setidaknya ada 51 klub yang sudah eksis dan mengikuti setiap tournament yang dilaksanakan.

Dengan hadirnya kepengurusan E-Sport ini, akan mengayomi dan melakukan pembinaan serta pengaturan agar olahraga dunia maya ini lebih tertata rapi dan dapat berprestasi di ajang-ajang resmi baik lokal maupun Nasional. (adv/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here