Beras di Halteng Sulit Dipasarkan

0
127
ILUSTRASI beras yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat terdampak kebijkan covid-19. (ilustrasi: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Produksi beras di Halmahera Tengah (Halteng) memang berjalan lancar. Namun begitu, kendala yang dihadapi petani saat ini adalah masalah ketesediaan pasar.  Sulitnya akases pasar ini mengakibatkan stok beras di Halteng over kapasitas.

Ketua Penguatan Ekonomi Daerah Pemkab Halteng Salim Kamluddin dalam rapat evaluasi pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 kemarin mengakui, kendala penguatan ekonomi di bidang pertanian yang dihadapi saat ini memang persoalan hulunisasi produksi beras.

“Saat ini memang sudah ada produksi. Namun, hasil produksi ini dianggap over karena terkendala proses pemasaran,” katanya.

Karenanya, dalam lewat kemarin pembukaan akses pasar untuk beras ini akan dilakukan oleh Perusahaan Daerah (Perusda).  “Ini yang kemudian, bagaimana agar perusda mengambil langkah untuk mencari pasar melalui dinas terkait,” tukasnya.

Selain masalah pasar, rapat itu juga membahas optimalisasi lahan untuk penanaman padi. Saat ini lahan yang tesedia kurang lebih 280 hektar. “Bibit yang disediakan pemda itu sesuai dengan kebutuhan yang ada,” katanya. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here