DKI Jakarta Kagum Lokasi STQ di Sofifi

0
37
Desain Masjid Raya Sofifi. Masjid Raya yang nantinya akan dijadikan pusat kegiatan STQ 2021 di Sofifi (FOTO DINAS PUPR MALUT)

HARIANHALMAHERA.COM–Satu per satu provinsi yang akan menjadi peserta lomba Seleksi Tilwatil Quran (STQ) Nasional tahun 2021 di Sofifi, mulai turun meninjau lokasi lomba.

Provinsi yang pertama kali datang adalah DKI Jakarta. Kemarin, rombongan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) ibu kota itu meninjau langsung lokasi pelaksanaan STQ di Sofifi.

Sekum LPTQ DKI Mohammad Holid menuturkan, kedatangan mereka ini untuk memastikan lokasi STQ Nasional. Sebab dari informasi yang diperoleh, STQ di Sofifi ini yang menjadi persoalan adalah masalah geografis.

”Lokasi STQ di Malut ini berbeda dengan daerah lain. Kalo Daerah lain dari bandara peserta langsung dimobilisasi lewat darat ke tempat tinggal. Di Malut ini dari Bandara, mobilisasi ke pelabuhan untuk menyeberang laut, karena lokasi (Sofifi) terpisah pulau. Ini yang menjadi konsentrasi kami,”katanya.

Setelah turun ke lokasi, Pemprov DKI sendiri awalnya sempat ragu. Namun setelah bertemu dan mendapat penjelasan langsung dari Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) dan Sekprov Samsuddin A Kadir, keraguan tersebut pun hilang.

“Pada saat kami menyebrang laut melihat panorama laut dan pulau yang indah ini,  serta mendapat penjelasan dari pak gubernur, semua terjawab, dan kami sangat apresiasi kesiapan Pemprov Malut,” katanya.

Ia juga menyingung tempat inap yang disiapkan Pemprov Malut, dimana pelayanan fasilitas mereka nanti disetarakan, tidak ada yang dibedakan karena faktor lain. ”Rumah dinas PNS akan jadi tempat inap para Kafilah. Ini bentuk kesetaraan bagi semua peserta STQ di 24 provinsi di Indonesia yang akan datang di Sofifi,”ungkapnya

Dia pun menilai kesiapan Pemprov Malut dalam melaksanakan STQ sangat siap, meskipun lokasi pelaksanaan bukan diperkotaan ini dapat dilihat dari infrastruktur yang dibangun Pemprov Malut di Sofifi.

”Biasanya pelaku STQ, MTQ itu diperkotaan, namun di Malut ini berbeda. Mamun Pemprov sangat siap melaksanakan ini, dengan membangun infrastruktur di lokasi pelaksanaan STQ,”bebernya

Dengan keindahan alam di Malut ini, ia yakin banyak yang datang untuk saksikan STQ Nasional di Sofifi. ”Melihat pulau-pulau saat menyeberang ke Sofifi, saya yakin rasa lelah kita terobati dengan keindahan alam Malut,” katanya.

Namun begitu,  Holid memberikan sedikti masukan terkait dengan sarana pendukung di sektor pariwisata ini. “Kami sarankan tempat wisata dan kuliner lokal perlu disiapkan di Sofifi,” pintanya.(lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here