KPU Siapkan 2.000 Surat Suara

DPT Sementara Sebanyak 1.569, Masih Dilakukan Validasi

0
245
SIAP: Komisioner KPU Halut memperlihatkan surat suara yang akan digunakan dalam PSU pada 28 April.(foto: KPU Halut)

HARIANHALMAHERA.COM–Meski jumlah pemilih yang akan menyalurkan haknya pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) 28 April nanti masih dalam proses validasi, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyiapkan 2.000 surat suara. Jumlah surat suara tersebut berdasarkan jumlah DPT sementara, yakni sebanyak 1.569 pemilih.

“Saat ini KPU sudah menyiapkan surat suara PSU. Tinggal menunggu DPT yang akan diplenokan di empat TPS dan satu TPS khusus,” kata komisioner KPU Halut, Asmawati Marsaoly.

Dia menyebutkan, KPU sampai saat masih terus melakukan validasi data pemilih. Karena itu, untuk surat suara yang saat ini sudah mulai dilakukan pelipatan, belum dipastikan apakah sudah mencukupi atau belum. “Tunggu hasil validasi selesai dan diplenokan,” terangnya.

Diketahui, proses pelipatan 2.000 surat suara sudah mulai dilakukan kemarin. Kegiatan peliatan turut disaksikan komisoner KPU Halut Ircham Puni, Abdul Djalil Djurumudi, dan Asmawati Marsaoly, serta Sekretaris KPU Halut Najmah Kalauw. Pelipatan juga diawasi langsung anggota Bawaslu Halut  Iksan Hamiru dan Ahmad Idris.

“Suarat suara yang ada saat ini (2.000 buah) merupakan sisa surat suara di pemilihan 9 Desember 2020 lalu, sehingga saat ini KPU sudah melakukan penyortiran surat suara. Apabila ada yang rusak dan tidak mencukupi bisa di lakukan permintaan penambahan kertas suara,” ujarnya.

Diketahui, surat suara yang akan disiapkan dalam proses PSU per masing-masing TPS, hanya dilebihkan 0,6 persen atau sekira 6 surat suara saja dari toal jumlah DPT di masing-masing TPS.  “Itupun hanya untuk pemilih yang terdaftar dalam DPT PSU,” tandasnya.

Dari kegiatan pelipatan surat suara, informasi terkini diperoleh ada sekira 16 surat suara yang rusak. Artinya, jumlah surat suara yang sudah siap digunakan saat ini sebanyak 1.984 buah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, jika menilik pada SK KPU Halut Nomor 356/PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/XII/2020, KPU menetapkan total perolehan suara pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Frans Maneri-Muchlis Tapi Tapi (FM-Mantap) sebanyak 50.697 suara, sementara paslon nomor urut 02 Joel B Wogono-Said Bajak (JOS) meraih total 50.078 suara. Ada selisih 619 suara bagi kedua paslon.

Sudah diberitakan juga, berdasarkan jumlah perolehan suara Pilkada 9 Desember di empat TPS yang akan menggelar PSU, DPT di TPS 02 Desa Tetewang sebanyak 188 orang; DPT di TPS 07 Desa Rawajaya sebanyak 338 orang; DPT di TPS 01 Desa Supu sebanyak 442 orang; dan DPT di TPS 02 Desa Supu sebanyak 483 orang. Total DPT di empat TPS tersebut mencapai 1.451 orang.

Sementara pada penghitungan suara hingga pleno KPU lalu, pasalon 01 FM Mantap meraup 884 suara, sedangkan paslon 02 JOS meraup 476 suara. Total jumlah suara sebanyak 1.360 suara.

Perlu juga diketahui, bahwa jumlah karyawan lokal PT NHM yang memenuhi syarat sebagai pemilih sampai saat ini masih diverifikasi KPU. Karena ada sebagian sudah menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember lalu, ada pula yang belum.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here