Hindari Kerumunan, Pengumuman Kelulusan Siswa via Online

0
171
ILUSTRASI menghindari konvoi dan aksi coret seragam, pengumuman kelulusan siswa dilakukan secara online dan dilakukan pada malam hari.(foto: republika.co.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Maluku Utara (Malut) melalui Cabang Disdikbud Halut, sudah mulai mengumumkan hasil Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada Senin (3/5) untuk tingkat SMA dan Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui beberapa aplikasi online. Seperti website sekolah dan WhatsApp. Selain menggunakan aplikasi online, ada juga diantar langsung wali kelas ke rumah masing masing siswa.

Kepala Cabang Disdikbud (KDC) Halut,  Anthon Toim, mengatakan penyerahan hasil kelulusan siswa dilaksanakan pada malam hari. Keputusan itu menurutnya, untuk menghindari euforia berlebihan yang bisa menyebabkan kerumunan dan konvoi. “Kalau dilakukan dimalam hari, hal-hal yang dikhawatirkan mungkin dapat dihindari,” katanya.

Teknis penyampaian hasil ini, lanjut Anthon, sesuai dengan keputusan bersama Kepala Cabang Dinas Halut dan MKKS SMA melalui rapat bersama pada Jumat (30/4) lalu. Pada rapat tersebut membahas solusi agar pada saat pengumuman nanti tidak ada siswa yang melakukan konvoi. “Apalagi masih dalam masa pandemi covod-19 dan bertepatan dengan bulan Ramadan,” terangnya.

Anthon berharap Kepada orangtua/wali murid agar bisa mengawasi anaknya, sehingga tidak merayakan kelulusannya dengan konvoi. “Saya meminta kepada orangtua agar tetap mengawal anaknya, agar tidak melakukan konvoi karena bisa membahayakan anak-anak,” pintanya.

Dia juga meminta kepada dewan guru di masing-masing sekolah agar memberikan perhatian kepada murid-murid. Apalagi hasil ujian ini dikembalikan ke sekolah, sehingga guru-guru punya peran penting untuk mengontrol. “Kami sangat berharap kepada pihak sekolah agar bisa mengontrol murid-muridnya, sehingga tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan di saat mendengar hasil ujian,” tegasnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here