Debut Nirbobol serta Kepastian Masa Depan

0
83
Gianluigi Donnarumma

HARIANHALMAHERA.COM- Setelah 19 tahun gawang timnas Italia berada di bawah pengawalan Gianluigi Buffon dalam turnamen mayor, mulai Euro 2020 nanti Gianluigi Donnarumma yang akan berdiri di bawah mistar gawang.

Euro ini bakal jadi debut Gigio –panggilan akrab Donnarumma– membela timnas Italia dalam turnamen mayor.

Namun, ada satu tantangan yang harus dijawab Gigio untuk melepaskan diri dari bayang-bayang Buffon. Ya, tantangan itu adalah debut dengan mencatatkan clean sheet.

Itu yang selama Buffon belum pensiun gagal dibuktikan portiere penggantinya. Tanyakan kepada Salvatore Sirigu, portiere yang juga masih dipanggil untuk Euro 2020 kali ini.

Sirigu menjalani debut turnamen mayor sebagai pengganti Buffon saat matchday pertama melawan Inggris dalam Piala Dunia 2014. Gli Azzurri –julukan Italia– menang, tetapi Sirigu gagal clean sheet saat menang 2-1 itu. Cuma Sirigu yang menjalani debut di turnamen mayor sebagai pengganti Buffon.

Kesempatan itulah yang akan dijawab Gigio dalam laga pertamanya di Euro menghadapi Turki (12/6). ’’Saya berharap dia (Gigio, Red) mampu tampil maksimal dalam Euro,’’ begitu harapan pelatihnya di AC Milan Stefano Pioli kepada La Repubblica.

Baca Juga: Pizza Tuna dan Bawang Bombai

Pioli mengungkapkannya karena saat ini Gigio tengah terpecah fokusnya dengan masa depannya di Rossoneri –julukan Milan.

Seperti diketahui, Gigio digosipkan telah berada di pintu keluar Milanello –kamp latihan Milan. Juventus dan FC Barcelona disebut-sebut sebagai klub yang ingin mendapat tanda tangan portiere 22 tahun itu. Pioli meyakini, apa pun persoalan yang dihadapi Gigio saat ini, fokusnya tak akan goyah.

’’Karena saya tahu dia adalah contoh pemain yang menjunjung tinggi profesionalitas dan mampu menjaga konsentrasinya ketika tampil di lapangan,’’ klaim Pioli yang mengaku dirinya sudah menemui Gigio sebelum bergabung dengan timnas dan mengucapkan terima kasih satu sama lain.

Faktanya, ketika mengawal gawang Italia, Gigio belum tersentuh sebiji gol pun dalam lima laga terakhirnya. Clean sheet dalam dua laga UEFA Nations League lawan Polandia (16/11) dan Bosnia-Herzegovina (19/11). Lalu, mengawali kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Irlandia Utara (26/3), Bulgaria (28/3), dan Lithuania (31/3) dengan tanpa kemasukan.

Capaian itu berbanding lurus dengan performanya bersama Milan dalam lima giornata terakhir Serie A.

Gigio susah dibobol bomber-bomber sekaliber Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Duvan Zapata (Atalanta BC) yang jadi lawan Milan. Dengan total 14 clean sheet, Gigio pun jadi kiper terbaik Serie A musim ini.(jpc/pur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here