Harga Barito di Ternate Meroket

0
90
ILUSTRASI : Tampak salah satu kios di Pasar Rawajaya, Tobelo.(foto: Muhrid/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Kelangkaan stok bahan pokok terutama bawang rica dan tomat (barito) jelang hari raya sebagaimana yang pernah terjadi pada Idul Fitri lalu, terulang kembali di momentum jelang Idul Adha ini.

Kelangkaan yang terjadi sepekan jelang hari raya kurban itu, membuat harga barito kini melonjak signifikan. Yang paling mencolok adalah cabe rawit alias rica nona. Bumbu dapur yang biasanya dijual Rp 60 ribu per kilogram itu kini naik menjadi Rp 120 ribu per kilogram.

Begitu juga Rica Karibo yang sebelumnya dijual Rp 45 ribu/kg kini naik menjadi Rp.100  ribu/kg. Sementara Tomat yang sebelumnya dijual Rp 8 ribu/kg turut naik hapir dua kali lipat menjadi Rp 20 ribu/kg.

Lonjakan harga juga terjadi pada Bawang Merah dan Bawang putih. bawang merah yang sebelumnya masih di kisaran Rp 36 ribu/kg sekarang naik Rp 60 ribu/kg. bawang putih pun juga naik  dari Rp.35 ribu,naik Rp.45 ribu.

Kadis Perindag Ternate, Hasyim Yusuf mengaku, kebutuhan bahan pokok terutama cabe di Ternate tergolong tinggi dalam sehari mencapai 2 ton. Kenaikan harga cabe menurutnya disebabkan pasokan cabe yang masuk tergolong minim.

“Mungkin kondisi cuaca sehingga mempengaruhi hasil panen petani,” terangnya sembari mengaku sebaian besar bahan dapur ini dipasok dari Gorontalo, NTT (Nusa Tenggara Timur), Surabaya, Makassar, Manado dan Jailolo, serta Trans Halut.

Untuk mengatasi kelangkaan di pasar, Disperindag juga tetap bekerja keras dengan berkordinasi dengan pemasok agar keterwaediaan bapok juga bisa terjaga. “Tradisi masyarakat atau pembeli persoalan harga tidak menjadi masalah, yang lebih penting barangnya tersedia,”pungkasnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here