Sekda Serahkan Bantuan Kepada Usaha Mikro Kecil

0
141
BERI DUKUNGAN: Sekda M Yanto Asri, menyerahkan bantuan kepada sejumlah usaha mikro kecil (UMK) guna mendukung ketahahan usaha pelaku industri di daerah.(foto: Irwan/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Sekrataris Daerah (Sekda) Halteng, M Yanto Asri, menyerahkan bantuan bagi sejumlah usaha mikro kecil (UMK) guna mendukung ketahahan usaha pelaku industri di daerah. Penyerahan bantuan dilakukan usai membuka kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan, bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro kecil tingkat yang digelar Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP).

Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘makan ikan, kuat, sehat dan cerdas ayo makan ikan’ tersebut, Yanto mengatakan, pengaturan terkait masyarakat jaminan mutu dan keamanan hasi perikanan merupakan keputusan Menteri Kelautan dan Kelautan nomor: KEP.52.A/KEPMEN-KP/2013.

“Pembangunan perikan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan, bagi nelayan pembudidaya dan pengolah ikan. Ikan merupakan sumber potensi yang sangat baik untuk pertumbuhan, karena ikan adalah asam lemak omega 3, vitamin dan berbagai mineral,” katanya.

Lanjutnya, dalam UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan UU nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan telah diubah dengan UU nomor 45 tahun 2009 serta PP nomor 57 tahun 2015, tentang sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan, telah ditetapkan hasil perikanan.

“Untuk mewujudkan perikanan tersebut, Halteng harus dapat mengikuti persyaratan mutu dan keamanan untuk dapat bersaing dengan pasar, agar menstabilkan ekonomi masyarakat,” terang Yanto.

Sementara, Kepala DKP Halteng Mufti Abdul Murhum mengatakan, peserta sebanyak 19 kelompok pengolah produk perikanan dari 7 kecamatan yang mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kegiatan itu dihadirkan narasumber dosen program studi budidaya dan perairan universitas Khairun Ternate, Rovina Andriani.

“Bagi pelaku usaha mikro juga diberikan bantuan home industri, berupa kompor, blender dan lainnya kepada perwakilan dua kecamatan Antara lain Kecamatan Patani dan Patani Barat,” ucap Mufti.(tr-01/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here