Gubernur Minta Vaksinasi Dikebut

0
181
ILUSTRASI: Presiden Jokowi di dampingi Gubernu Malut Abdul Gani Kasuba, melihat dari dekat pelaksanan program vaksinasi covid-19 di Kecamatan Kao, beberapa waktu lalu. (foto: Korem 152/Babullah)

HARIANHALMAHERA.COM–Masih rendahnya capaian vaksinasi di Maluku Utara (Malut) tuut menjadi perhatian Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK). Padahal, vaksinasi menurut dia merupakan bagian penting dalam rangkaian upaya penanggulangan pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19.

Berdasarkan rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO (world health organization) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), pembentukan kembali kelompok dapat tercapai dengan sasaran pelaksanaan vaksinasi Covid-19 minimal sebesar 70 persen penduduk.

Sementara dari laporan vaksinasi yang diterima, per 29 Agustus 2021, capaian dosis  di tahap I hanya 15,1 persen, dan tahap II 77 persen dari target target vaksinasinasi di Malut sebanyak 954.092 jiwa

“Dari data-data tersebut, menandakan capaian vaksinasi kita belum mencapai target,”ujar Gubernur dalam press conference di ruang kerjanya, Senin (30/8)

Untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity), dia meminta Bupati/Walikota melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi dengan memperkuat komunikasi, koordinasi, dan sosialisasi, serta memantau dan evaluasi capaian Covid-19 setiap Minggu.

“Saya mengajak torang (kita) semua mari bafaksin (melakukan vaksinasi) untuk melindungi diri, keluarga, dan semua dari penyakit Covid-19,”pinta orang nomor satu di Pemprov Malut ini yang kala itu didampingi Kadis Kesehatan Idhar Sidi Umar dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Rahwan K Suamba. (adv/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here