HukumTernate

Napi Buronan Lapas Ditangkap di Pulau Hiri

×

Napi Buronan Lapas Ditangkap di Pulau Hiri

Sebarkan artikel ini
BEBAS SEHARI: Muhammad Kasim Hafel alias Jufri Hafel alias Upi saat dibawa petugas dari Pulau Hiri ke Ternate dengan speedboat

HARIANHALMAHERA.COM–Pelarian narapidana kasus pencurian disertai pembunuhan, Muhammad Kasim Hafel alias Upi (33) dari lembaga pemasyarakatan (lapas) Kelas II A Ternate, Selasa (24/8) lalu tidak berjalan mulus.

Bagaimana tidak. Baru sehari menghirup udara ‘bebas’, pria asal Manado, Sulawesi Utara (Sulut) yang tinggal di Kelurahan Makassar Timur itu malah tertangkap. Terpidana yang divonis 20 tahun penjara tersebut ditemukan di Kelurahan Tafraka, Kecamatan Hiri kemarin (25/8).

Dari informasi yang diperoleh Harian Halmahera, saat kabur dari Lapas, pagi itu dia langsung menyebrang ke Hiri dengan memakai sebuah perahu (sampan) milik warga yang dicurinya.

Meski tanpa memakai gayung, dia pun akhirnya sampai juga di Hiri tepatanya di Kelurahan Tafraka. Bahkan, saat turun dari perahu pukul 09.00, dia sempat dibantu dua warga setepat yang tengah beraktifitas.

Mereka bahkan sempat menanyakan asal usulnya. untuk menggelabui warga, Upi mengaku warga Jailolo, Halmahera Barat yang tengah memancing namun tak sengaja dayungnya hanyut. Merasa iba, dia akhirnya dibawa ke salah satu rumah warga dan diberi makan dan minum.

BACA JUGA : NAPI KASUS PEMBUNUHAN KABUR DARI LAPAS JAMBULA

Kehadiran sang buronan Lapas ini ternyata mengundang kecurigaan salah satu warga lantaran melihat wajahnya mirip foto napi yang kabur yang disebarkan pihak Kepolisian.

Diam-diam, mereka kemudian melaporkan kehadiran orang asing itu ke anggota Bhabinkamtibmas Bripka Fery. Sambil meminta warga menahan yang bersangkutan, Fery lalu menghubungi Kapos Pol Aiptu Juliantu untuk sama-sama mengamankan Upi dibawah perintah langsung Kapolsek Pulau Ternate.

Petugas Lapas yang mendapat informasi terkait warga binaanya yang berhasil diamankan di Hiri, bersama anggota Resmob Polres Ternate langsung bertolak ke Hiri untuk melakukan penjemputan untuk dibawa ke Ternate.

Kepala Lapas Kelas II A Maman Hermawan menuturkan, saat ini Upi telah dijebloskan kembali ke Lapas.  “Setelah sempat diamakan di Polres Ternate langsung kita jemput untuk dibawa ke Lapas,”tambahnya.

Maman turut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada warga beserta pemerintah kecamatan yang turut membantu memberikan informasi terkait keberadaan salah satu warga binaanya itu.(tr4/pur)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *