Jangan Salah Pilih, Ini Tips Memilih Cincin Kawin Couple Simple Nan Elegan

0
241
ILUSTRASI: Cincin sebagai tanda pengikat yang sakral dalam sebuah hubungan.(foto: pixabay.com)

HARIANHALMAHERA.COM— Pandangan masyarakat secara umum mengamini bahwa, cincin sebagai tanda pengikat yang sakral dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, orang yang akan membeli dan mengenakannya tentu akan serius mencari pilihan terbaik. Dengan harapan, ikatan pernikahan tersebut terus langgeng dan hanya terjadi sekali seumur hidup.

Pentingnya arti dan makna cincin dalam sebuah hubungan ini juga membuat tren cincin pernikahan tetap menjadi incaran para pasangan berbahagia. Seperti halnya Model cincin nikah 2021 yang masih menjadi primadona dan incaran pasangan muda saat ini.

Jadi, meskipun bukan merupakan elemen wajib, seperti halnya mahar dalam pernikahan Islam, cincin nikah tetap digandrungi banyak orang. Setiap pasangan juga memiliki preferensi pribadi. Mereka cenderung mencari model dan bentuk yang sesuai karakter atau pribadi dari pasangan tersebut. Sebagian lagi ada yang menjadikan cincin kawin sebagai mahar itu sendiri.

Selain sebagai simbol sebuah ikatan, cincin juga menjadi pertanda bahwa seseorang tengah memiliki sebuah hubungan. Sehingga secara tak langsung menjadi simbol “status” seseorang. Paling tidak, Anda lebih berhati-hati dan menghindari pertanyaan sensitif perihal “status” secara langsung, atau turut campur yang berlebihan.

Tips Memilih Model Cincin Nikah 2021

Pada dasarnya tidak ada syarat atau model cincin nikah emas atau tunangan. Meski demikian, masyarakat umum mengetahui bahwa, cincin yang diserahkan di saat hari pernikahan ini ditandai dengan lingkaran tanpa terputus.

Model cincin dengan berlian atau mata cincin lainnya, umumnya tidak boleh diikat/dipasang di bagian tengah cincin, sehingga lingkaran dasarnya tidak terputus. Jadi, umumnya mata diletakkan di atas permukaan cincin bukan di antara lingkaran dasar pembentuk cincin.

Unsur esensialnya adalah, lingkaran tanpa putus tadi menandakan cinta yang abadi. Sehingga, siapapun yang melihat cincin dengan model lingkaran tanpa putus, baik polos maupun bermotif,  akan dapat menilai bahwa cincin itu tanda ikatan pernikahan atau pertunangan.

Namun, meski standarnya jelas, model cincin nikah 2021 tetap memiliki banyak variasi. Anda tidak perlu khawatir ada yang menyamainya. Poin pentingnya, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut saat memilihnya.

  1. Menentukan anggaran. Jika perlu siapkan dari jauh-jauh hari. Jadi, sebelum pernikahan dilangsungkan, Anda sudah menyiapkan budget. Jelang hari pernikahan, Anda tinggal memilih cincin yang tepat.
  2. Mengetahui beberapa bahan dasar cincin dan harga yang affordable. Jangan memaksakan membeli cincin di luar budget Anda. Kebutuhan dalam kehidupan pernikahan Anda lebih utama. Di luar itu semua, harga cincin nikah tidaklah menentukan kebahagiaan dan masa depan rumah tangga.
  3. Memastikan ukuran cincin yang tepat, khususnya Anda yang  ingin membeli sendiri sebagai kejutan. Jika tidak, resikonya adalah size yang terlalu sempit atau terlalu longgar, sehingga akan membuat cincin tidak bisa dipakai sehari-hari.
  4. Memilih cincin sesuai kesukaan, jadilah diri sendiri. Cincin nikah tak harus mengikuti tren karena esensi utamanya akan dipakai sepanjang pernikahan dan akan menjadi kenangan. Jika Anda adalah pribadi simpel, bisa memilih model cincin polos, atau dengan berlian yang tak berlebihan. Maka, model cincin perlu disesuaikan dengan karakter Anda. Begitu pula pasangan Anda.
  5. Membeli di toko terpercaya sangat penting agar Anda tidak tertipu. Keaslian bahan dasar dan permatanya sangat sulit ditentukan oleh orang awam. Sehingga memilih toko terpercaya yang memberikan jaminan bisa jadi solusinya. Bahan berlian dan permata, umumnya memiliki sertifikat resmi yang berlaku internasional.

Model Cincin Nikah 2021

Model cincin nikah sebenarnya sesuai dengan selera. Tidak perlu mengikuti tren, karena fungsinya yang akan dipakai sepanjang masa. Yang penting esensi cinta itu sendiri dan bagaimana menjalani kehidupan bersama pasangan.

Secara umum, model cincin nikah dari masa ke masa ada dua, polos dan bermotif. Tentu saja yang membedakan adalah bahan dasarnya, bermotif, ukiran atau mata cincin yang menempel di permukaan. Namun cincin dengan model apapun tetap sakral dan elegan bagi tiap pasangan.

Dilihat dari bahan pembuatnya, berikut macam-macam cincin nikah yang bisa Anda ketahui.

1.     Emas Kuning

Model cincin nikah 2021 dengan bahan dasar emas kuning dapat dikatakan paling banyak dijumpai. Bahan emas relatif bertahan lama dan tidak mudah luntur jika bersentuhan dengan bahan kimia.

Bahan emas kuning yang umum digunakan mempunyai kadar 77% atau lebih. Anda mengenalnya di pasaran dengan sebutan 22 hingga 24 karat. Harga cincin emas asli saat ini mulai dari 22 hingga 24 berkisar Rp 700 ribu hingga Rp1 juta.

2.     Cincin Emas Putih

Emas putih juga banyak menjadi pilihan cincin nikah. Bahan dasarnya sama dengan emas kuning, tetapi dilapisi dengan rhodium sehingga lebih awet. Kadar emas kuning yang banyak beredar di pasaran ada yang berada di kisaran 50 persen, sehingga harganya lebih terjangkau.

3.     Cincin Perak

Meski sudah jarang yang memilih cincin perak sebagai cincin pernikahan, cincin ini sudah dikenal sejak dulu dan tak sedikit yang menggunakannya. Apalagi jika perak dilapisi dengan rhodium, sepintas orang tidak dapat membedakannya dengan emas putih. Namun, harga cincin perak lebih terjangkau.

4.     Cincin Palladium

Palladium juga mempunyai warna keperakan, mirip dengan emas putih dan bahan logam perak. Namun, jika Anda memilih model cincin berbahan dasar ini, warnanya lebih berkilau dan tahan lama.

Harga Palladium dengan kadar 10% saja bisa mencapai dua juta rupiah. Jika Anda dan pasangan menginginkan palladium sebagai cincin kawin, plus bertahtakan berlian atau batu mulia lainnya, maka Anda harus merencanakan dan mengencangkan anggaran dengan matang.

5.     Cincin Platinum

Platinum merupakan bahan logam baru yang banyak dijadikan perhiasan. Kadar yang digunakan mencapai 95% untuk perhiasan, sehingga sangat kuat dan tidak mudah mengalami korosi. Anda tahu? Harga cincin nikah dari platinum polos cukup jauh dari emas kuning.

6.     Cincin Titanium

Cincin titanium warnanya lebih gelap daripada emas kuning. Namun, model cincin ini tengah menjadi tren dan mengusung konsep kontemporer. Banyak toko perhiasan juga menjual cincin kawin Titanium dengan harga terjangkau ini.

Membeli Cincin Nikah di Blibli

Masih ada beberapa jenis bahan cincin yang tidak disebutkan di atas. Satu sama lain terkadang sulit dibedakan.

Itu sebabnya, dalam tips memilih cincin kawin, memilih toko terpercaya adalah keharusan. Pilihlah toko yang dapat memberikan jaminan dan sertifikat keaslian bahan perhiasan. Apalagi jika produk yang Anda tuju adalah berlian dan permata. Bijaklah memilih!

Nah, Blibli seharusnya menjadi pilihan pertama Anda dalam mencari cincin pernikahan. Selain faktor keamanan, ada banyak cincin couple yang tersedia di sini. Anda tinggal melihat gambarnya saja dan memesan secara online. Sangat praktis dan hemat waktu.

Tidak perlu khawatir dengan ukuran, setiap toko akan menjelaskannya secara detail dan lengkap sehingga mereka tahu bagaimana cara mengukur. Dengan demikian, meski Anda tidak datang langsung ke toko, model cincin nikah 2021 terbaik dan memuaskan akan dengan mudah didapat.(tr-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here