Waspada! Penipuan Jual Beli Online Marak di Ternate

0
220
Ilustrasi

HARIANHALMAHERA.COM–Para gamers di Kota Ternate yang sering bertransaksi jual beli secara online, wajib berhati-hati. Sebab, belakangan banyak terjadi aksi penipuan.

Seperti yang dialami Juan Ali J warga asal Kelurahan Kalumata Ternate Selatan. Dia harus kehilangan uang ratusan ribu setelah bertransaksi via aplikasi whatsapp.

Kepada wartawan di Mapolsek Ternate Selatan, Juan mengaku, kejadian itu terjadi Rabu (6/10) pagi. Dia awalnya mengenal pelaku via whatsapp yang menawarkan Game Free Fire (FF) dengan harga murah.

Bahkan, untuk lebih meyakinkan korban, pelaku pun menunjukan identitas berupa foto KTP yang belakangan adalah identitas palsu. Tergiur dengan harga game yang cukup murah, Juan lalu mentransfer  uang Rp 200 ribu sambil mengrimkan bukti transfer kepada pelaku.

Meski sudah mengirim uang, pelaku kembali meminta uang tambahan ke korban dengan jumlah yang sama dengan modus sebelum dikirim ke korban, game FF harus diperbaharui dulu. Permintaan itu pun dipenuhi juan. Dia kembali mengirim uang serta menunjukan bukti transfer.

Juan baru tersaar kalau dirinya telah menjadi korban penipuan setelah dia kembali diminta pelaku mengirimkan uang tambahan dengan jumlah yang sama

“Setelah itu saya bilang ke dia ini sudah tidak jelas, saya punya uang empat ratus sudah ilang, saya akan lapor ke polisi, dia bilang silakan lapor,” kata Juan saat ditemui di Polsek Ternate, Selatan, (6/10).

Dalam transaksi itu, pelaku memakai identitas Wais Al Qorni (25) beralamat  di Jakarta Utara.”Sampai sekarang saya belum dapat  aplikasi Game Free Fire ini,” akunya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here