Nikmati Panen Kedua, Petani Tabobo Salut Terobosan PT NHM 

0
198
ILUSTRASI : Petani Tasonga Desa Tabobo Kecamatan Malifut bersiap petik hasil panen tomat (Foto : NHM)

HARIANHALMAHERA.COM– Budidaya rempah dapur berupa bawang, cabe, tomat, sayur-mayur hingga berbagai jenis tanaman pertanian lain oleh kelompok tani (Poktan) di lingkar tambang PT NHM, sepertinya membutuhkan pasar yang lebih luas lagi selain pasar paten PT NHM untuk tampung dan jual-beli hasil produk. Sebab, kelompok usaha yang menjadi binaan Social Performance (SP) NHM melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) tahun 2021 ini ramai-ramai memetik hasil panen yang hampir bersamaan.

Pekan ini misalnya, terdapat tiga kelompok usaha warga telah menuai hasil panen, yakni usaha peternakan ayam petelur di Desa Gamlaha Kecamatan Kao Utara, panen cabe oleh Poktan Sidorukun Desa Waringin Lamo Kecamatan Kao dan panen tomat Poktan Tasonga Desa Tabobo Kecamatan Malifut.

Khususnya Poktan Tasonga, menurut tim SP PT NHM bahwa, telah memetik hasil panen tomat sebanyak 83 kilo.

“dalam sepekan ini ada sekitar tiga kelompok usaha warga lingkar tambang binaan PT NHM yang panen. Tentunya hasil keringat dan lelah hingga mengurus waktu dalam mengawal program PPM PT NHM oleh petan bersama ntim SP NHM terbilang sukses atau tidak sia-sia,”kata tim SP PT NHM, Sabtu (27/11).

Panen tomat oleh Poktan Tasonga ini disebut tim SP NHM, bahwa sudah yang kedua kalinya dan hasilnya terbilang meningkat dari sebelumnya. Mengingat Poktan ini lanjutnya bagian dari binaan PT NHM sehingga dalam proses panen juga ikut dihadiri tim SP.

“jumlah hasil panen tahap II ini sekitar 83 kilo. Sebenarnya jumlah pohon tomat yang di

tanam itu sebanyak 2 ribu pohon, namun yang panen baru 600 pohon sementara sisanya 1400 pohon yang belum panen, akan tetapi tidak lama lagi akan panen, karena cara penanamannya berjenjang sehingga durasi panennya berdekatan,”jelasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here