DLH Halut Turun Bersihkan Sampah di Desa Rawajaya

0
159
SIGAP : Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Samud Taha ikut turun lansung membersihkan sampah di salah satu ruas jalan di desa Rawajaya (Foto : DLH Halut)
HARIANHALMAHERA.COM–Maraknya pembuangan sampah di semberang tempat membuat pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kabupaten Halmahera Utara (Halut) benar-benar putar otak untuk mengatasinya. Pada Selasa (7/12), DLH langsung turun lapangan menyisir lokasi sampah yang ada di seputaran kota Tobelo. Salah satunya di Desa Rawajaya.
“Penanganan masalah sampah sebetulnya sudah dilakukan dengan berbagai kebijkan namun semua itu masih belum membuat warga sadar. Padahal sudah ada kontiner sampah yang kami diletakkan. Seperti di desa Rawajaya pada waktu malam,” kata Kepala DLH Samud Taha.
“Kami juga telah sampaikan agar pembuangan sampah nanti saat malam, tapi nyatanya ada juga yang buang di waktu pagi dan siang hari. Dan parahnya lagi sebagian yang buang tidak pada kontiner tapi di luar container, sehingga berserakan,” terang Samud.
Walau demikian, lanjut Samud, DLH tidak putus asa untuk mengatasi kondisi sampah yang berhamburan di desa Rawajaya. DLH turunkan tim di desa Rawajaya untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah-sampah yang ada dengan menggunakan alat berat. “Semoga yang kami lakukan bisa menyadarkan masyarakat sekitar, sehingga ke depan bisa bekerja sama dengan baik dalam pengelolaan sampah. Sebab, kebersihan adalah hal terpenting demi kesehatan masyarakat sekitar,” harapnya.
“Mewujudkan keluarga yang sehat harus dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan, merupakan tanggung jawab kita bersama. Mudah-Mudahan kedepan masyarakat bisa sadar, dan mengikuti kebijakan yang telah kami atur,” pungkasnya.(pn/san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here