Polairud Aktif Patroli Kamtibmas

0
125
PATROLI ; Personil Polairud Halut melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Tobelo (Foto : Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kecang hingga gelombang laut tinggi masih mengintai wilayah Halmahera Utara. Pihak Polres Halut pun ikut antisipasi dengan fenomena alam tersebut sehingga kerahkan Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) untuk intensif melakukan patroli laut sekaligus menyampaikan himbauan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) terhadap masyarakat terutama para nelayan.

Kasat Polairud Polres Halut, Iptu. Thoha Alhadar, menuturkan bahwa patroli yang dilakukan personil Polairud tersebut sebagai bentuk antisipasi dini terhadap masyarakat berkativitas di laut seperti menangkap ikan atau mereka yang berpergian menggunkan transportasi laut, sebab hingga saat ini cuaca laut belum bersahabat.

Tentunya lanjut Kasat Polairud, pihaknya menghimbau pada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan saat berktivitas di laut, setidaknya memperhatikan cuaca laut.”pentingnya lagi perhatikan alat keselamtan saat berada di laut, terutama bagi kapal yang berlayar harus lebih dulu memeriksa kesiapan keberangkatan kapal, akar sampai tujuan dengan selamat, mengigat saat ini cuaca tidak bersahabat”jelasnya

Kasat Polairud menambahkan, personilnya bersama instansi teknis di pelabuhan selalu berkoordinasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang hendak bertolak untuk memastikan perjalanan benar-benar aman.”kami sempat melakukan pemeriksaan terhadap KM TaLaga Indah, GT : 06 dengan kapten Steven dan 6 orang awak kapal, namun  tidak ditemukan pelanggaran ataupun pidan, jadi keselamatan masih terjamin,”ujarnya.(cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here