PT IWIP Siap jadi Pasar Petani di Halteng

0
208
Foto Bersama usai Penandatanganan kerjasama Distan Halteng dengan PT IWIP (Foto : IWIP)

HARIANHALMAHERA.COM–Para petani di Halmahera Tengah (Halteng) kini sudah tidak perlu lagi bersusah payah mencari pasar untuk menjual hasil tanamannya. Sebab, saat ini Pemkab telah melakukan kerjasama dengan pihak PT IWIP.

Dengan kerjasama ini, pihak PT IWIP pun bersedia menjadi pasar bagi sejumlah produk pertanian bulanan petani

Kadis Pertanian Halteng, Yusmar Ohorela mengaku, kerja sama ini dilakukan dalam rangka, memberikan dorongan spirit petani lokal. Sebab, selama ini mereka bingung dengan hasil pertanian akan dijual kemana.  “Kehadiran PT IWIP sangat berdampak kepada petani, karena hasil petani bisa langsung dijual ke perusahan,”kata Yusmar.

Menurutnya, kerja sama ini secara tidak langsung juga mendongkrak ekonomi para petani. “Kami sangat berharap agar kerja sama ini dilakukan, untuk menunjang petani lebih baik dan makmur,”harap Yusmar.

Sementara itu, Wakil Bupati (wabup) Abdulrahim Odeyani mengakui, Petani Halteng masih minim akan hasil tanaman yang akan dijual. Sebab, selain keterbatasan modal, mereka juga keberatan jangkauan jual.

Dia berharap dengan kehadiran PT IWIP, bisa memudahkan petani dalam memasarkan hasil pertenian.

“Bentuk kerja sama untuk suplai hasil-hasil pertanian, dan diawasi langsung oleh pihak dinas Pertanian, kami yakin bisa sediakan hasil pertanian dengan baik, karena mereka sudah mengetahui dengan jelas kemana hasil kebun ini dijual,” katanya.

Terpisah, Manajer Komunikasi PT IWIP, Cipto Rustianto mengatakan, periusahaan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pemerintah, dalam menyukseskan hal-hal yang berdampak baik bagi masyarakat, termasuk para petani.

Namun tentu saja, di dalam prosesnya, perusahaan tetap berpedoman pada kualitas produk.  “Selain itu, ketersediaan dan kepastian stok juga menjadi sangat penting,”tuturnya. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here