Koramil se-Pulau Morotai Diberi Pemahaman Kanker

0
75
Sosialisasi Kanker oleh YKKI cabang Ternate terhadap personil dan Persit Koramil di wilayah Pulau Morotai

HARIANHALMAHERA.COM– Personel dan Persit Koramil 1508-05/Daruba, Koramil 1508-06/Bere Bere dan Koramil 1508-07/Wayabula, jumat (18/3) diberi sosialisasi tentang kanker oleh Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) cabang Ternate. kegiatan yang dipusatkan di di pendopo Koramil 1508-05/Daruba, Desa Daruba Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai itu berjalan lancar hingga selesai.

Ketua Persit Ranting VI/Koramil 1508-05/Daruba, Eunike Putu Artana Jaya, mengatakan, sebelum digelar sosialisasi kanker oleh YKKI cabang Ternate, pihaknya sempat melaksanakan kegiatan rutin, yaitu jumat senam sehat.

“Diharapkan kepada yang hadir setelah menerima penyuluhan tentang kanker ini, terutama untuk pengurus Persit yang mengikuti kegiatan ini dapat menyebarluaskan kepada seluruh anggota Persit yang lain tentang kanker, bahayanya, cara mencegah, pendeteksiannya dan pengobatannya,” katanya.

Sementara, Ricka Amd.Keb mengatakan, pihaknya yayasan kesehatan kanker Indonesia setiap 2 tahun sekali melakukan kegiatan sosialisasi di seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Pulau Morotai.

“Tujuannya adalah ingin mengevaluasi kembali, apa yang pernah kami sampaikan sebelumnya, karena memang kasus kanker di Indonesia khususnya Maluku Utara semakin hari semakin meningkat, dikarenakan faktor ketidaktahuan tentang masalah kanker,”ungkapnya.

Tujuan yayasan kesehatan kanker Indonesia lanjutnya, memberikan informasi pada masyarakat sedini mungkin tentang pengertian kanker serta mengenali gejala penyekit seperti kanker paru-paru, kanker seviks, kanker prostat dan kanker payudara.

“Seperti penyakit tumor Jinak, pertumbuhannya lambat tapi bila dibiarkan dan tidak segera ditangani dikhawatirkan akan berubah menjadi tumor ganas. Kalau sudah demikian itulah yang dinamankan kanker. Sel kanker bisa berpindah kebagian tubuh lain melalui pembuluh darah (metastasis),”jelasnya.

Terpisah Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf. I Putu Witharsana Eka Putra, menyampaikan, kegiatan tersebut sangat diperlukan bagi prajurit serta persit, karena dengan pengetahuan kanker tentu menghindari anggota dan keluarga dari penyakit kanker.

“Semoga dengan adanya penyuluhan ini akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan akan dampak dari bahayanya penyakit yang di sebut dengan kanker dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan,”tuturnya. (dit/wyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here