Pemda Janji Bayar Tanaman Warga Dotte Sebelum Lebaran

0
60
Warga Dotte palang jalan lintas Weda-patani (Foto ; Irwan/Harian halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), kembali berjanji akan membayar tanaman warga Desa Dotte Kecamatan Weda Timur yang digusur sebelum lebaran.

Janji ini kembali disampaikan Kabag Pemerintahan Setda Halteng Mustami H. Jamal menyusul adanya aksi palang jalan yang dilakukan warga dua hari lalu.

Mustami mengaku Pemerintah punya itikad baik untuk menyelesaikan masalah tanaman warga Dotte. Namun, dari data tambahan yang disampaikan Pemdes, menurutnya perlu difalidasi kembali untuk mengkroscek kebenaran kepemilikan tanaman yang baru tergusur, dengan titik nolnya dari kali Gilepes sampai Botlol dengan jumlah data kurang lebih 301 orang.

“Untuk Data yang lama dari kali bawen sampai kali Gelepes, kami tidak permasalahkan karena itu final dan SPM sudah dimasukkan di keuangan, tinggal eksekusi saja. Dengan jumlah Data kurang lebih 100 orang,” katanya (25/4).

Diketahui, sesuai dengan informasi yang dihimpun, Kabag pemerintahan mewakili Pemda bersama warga yang disaksikan oleh TNI/Polri  membuat kesepakatan/ “Apabila Palang jalan dibuka oleh warga, maka Kabag Pemerintahan akan membayar lahan warga Dotte secepatnya, dipastikan hari kamis ini sudah dibayar,”jelas Kabag dihadapan Warga Dotte.

Sementara masyarakat Dotte mengatakan, apabila Pemda tidak bayar sesuai dengan kesepakatan, maka kami akan tutup akses jalan dari Dotte menuju Sibenpopo.

“Kalau sampai hari kamis belum juga dibayar, Torang akan tutup akses jalan, dan itu akan dibuka sampai Pemda bawah uang untuk bayar,”tegas warga dalam surat kesepakatan yang dibuat yang disaksikan oleh Polisi dan TNI serta Kabag Pemerintahan. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here