Diane Sumendap Jaring ‘Asmara’ di Halut

0
638
RESES: Anggota komisi III Deprov Malut Diane Sumendap saat menaring aspirasi masyarakat. (foto: ist/harianhalmahera)

HARIANHALMHERA.COM— Anggota komisi III Dewan Provinsi (Deprov) Maluku Utara (Malut), Diane Sumendap, sejak 25 Febaruari kemarin, turun melakukan reses ke daerah pemilihannya  Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan Pulau Morotai. Reses dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat (asmara).

Seperti pada Minggu (10/3) di Desa Kumo, Kecamatan Tobelo kemudian Desa Kusu Lovra, Kecamatan Kao. Politisi PDIP mengakui, mendengarkan sejumlah masalah yang disampaikan masyarakat.

“Warga Desa Kusu Lovra meminta perbaikan jalan, sebab kondisi jalan sudah rusak parah dan belum pernah diperbaiki,” kata Diane.

Selain jalan, lanjut Diane, warga juga minta renovasi fasilitas air bersih. Sebab kondisi air telah berubah warna dan mengeluarkan aroma tidak sedap (bau busuk).

“Sumber air bersih, seperti air sumur tidak layak dikonsumsi karena airnya mengandung kadar garam (payau),” katanya.

Selain itu, tambah Diane, warga menginginkan segera bangun talud penahan ombak untuk mencegah dampak abrasi yang lebih luas. “Terpenting lagi bantuan nelayan, mengingat sebagian besar nelayan memiliki keterbatasan alat tangkap,” terangnya.

Kondisi yang hampir sama, menurutnya terjadi di Desa Kumo. Warga kesulitan air bersih.

“Warga juga usulkan agar segera dibangun jalan lingkar desa Pulau Kumo untuk mendukung peningkatan pembangunan. Juga dukungan fasilitas atas program pencanangan parawisata bahari menuju parawisata mangrove,” terangnya.(dit/cal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here