Dikbud Gelar Audisi GBN, Utus 10 Wakil Halut ke Tingkat Provinsi

0
687
WAKIL HALUT: Foto bersama 10 peserta yang lolos audisi mewakili Halut ke provinsi dalam audisi Gita Bahana Nusantara yang digelar Dikbud Halut, kemarin. (foto: arafik/harianhalmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2019. Audisi digelar di gedung Dian Vista, Senin (27/5).

Dalam audisi peserta yang diundang untuk terdiri dari 13 sekolah tingkat SMA dan 3 universitas. Total peserta yang mengikuti audisi sebanyak 30 orang, masing-masing 5 peserta mewakili sekolah/universitas. Audisi GBN 2019 secara resmi dibuka Kepala Dikbud  Halut Suwarno Tongo Tongo.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dikbud Halut  Hukum Abdul Gafur mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam rangka pemberdayaan generasi milenial dalam mengembangkan potensi seni dan budaya di Halut.

“Kegiatan audisi ini untuk meningkatkan kualitas seni dan budaya daerah, agar bisa berolah vokal, membaca notasi, dan untuk penguatan perilaku karakternya lebih besar,” jelas Hukum.

Hukum merinci, sebanyak 30 peserta dari utusan pelajar sekolah dan umum di Kota Tobelo ini akan dipilih sebanyak 10 orang untuk mewakili Halut di seleksi tingkat provinsi.

Nantinya untuk mewakili Malut, lanjutnya, akan dipilih 4 orang, terdiri dari 2 laki-laki perwakilan Suara Tenor dan Bass dan 2 perempuan perwakilan suara Sopran dan Alto .

“Mereka nantinya akan mewakili Halut di tingkat Provinsi Maluku Utara. Selanjutnya jika terpilih di tingkat Provinsi, maka akan bergabung dengan tim paduan suara Gita Bahana Nusantara dari perwakilan 34 provinsi yang akan tampil pada upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta,” terangnya.

Diketahui, dari hasil audisi Gita Bahana Nusantara 2019 yang lolos  masuk dalam 10 besar mewakili Halut di tingkat Provinsi yakitu, Maikel Mamarodi, Edgar Jesse, Yuliana Gobuino, Elsa Popoko, Veren Tumadang,Stella Bale, Arens Hamdja, Nessly Umur, Angga Soroway, Adventia Puasa.(fik/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here