Ekonomi

5 Tips Keuangan Sebelum Memasuki Masa Pensiun

×

5 Tips Keuangan Sebelum Memasuki Masa Pensiun

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI pasangan suami istri di masa pensiun.(Sumber: https://www.pexels.com)

HARIANHALMAHERA.COM— Memasuki masa pensiun seharusnya keuangan sudah mengalami kemapanan. Anda tinggal menikmati masa tua dan beristirahat usai bekerja dengan keras. Sayangnya masih banyak juga yang mengalami kesulitan di masa pensiun karena keuangan.

Kesulitan ini bisa dipicu karena Anda kurang bisa mengatur keuangan sebelum memasuki masa pensiun. Padahal penting sekali mengaturnya sehingga Anda tidak hanya menggunakan uang dari masa pensiun saja. Cek saja langsung tips keuangannya.

Tips Keuangan sebelum Pensiun yang Harus Diterapkan

Kesadaran akan mengatur keuangan demi masa pensiun masih sangat rendah. Tidak heran ketika memasuki masa pensiun banyak yang bingung ingin melakukan kegiatan apa saja.

Padahal banyak sekali manajemen keuangan yang bisa Anda kelola terlebih dahulu sebelum saatnya pensiun. Jika sampai saat ini Anda masih merasa kesulitan mengaturnya, cek beberapa tips keuangannya berikut ini.

  1. Membangun Jaringan yang Profesional

Hal pertama untuk diperhatikan adalah bagaimana cara Anda bisa mengembangkan kemampuan yang ada usai pensiun. Penting untuk membangun jaringan yang lebih profesional lagi demi mempersiapkan diri usai pensiun.

Misalnya saja Anda memperluas pergaulan dalam dunia bisnis yang bisa memberikan peluang cukup besar namun pengelolaan cukup ringan untuk dilakukan saat pensiun. Hanya dengan membangun jaringan yang benar Anda bisa mendapatkan banyak manfaat di masa depan.

  1. Memperhitungkan Kebutuhan Biaya Hidup

Memasuki masa pensiun, gaya hidup juga harus ikut diubah sehingga Anda tidak akan kaget usai berhenti bekerja dari perusahaan. Anda bisa membuat anggaran yang lebih detail serta sumber penghasilan apakah yang digunakan.

Apakah Anda akan mengandalkan dana pensiun atau justru melalui bisnis yang hendak dibuat nantinya. Pastikan bahwa semua kebutuhan ini bisa tercukupi melalui sumber-sumber tersebut.

  1. Sudah Mulai Berinvestasi

Mendapatkan income pasif kini tidak lagi sulit dilakukan. Banyak investasi yang bisa Anda akses dengan mudah. Anda bisa mulai mengikuti salah satu investasi kemudian mengembangkannya ke beberapa jenis.

Jangan lupa imbangi juga dengan pengetahuan cara investasi yang benar sehingga dana tabungan tidak terkuras habis. Anda tentunya bisa merencanakan berapa banyak dana untuk investasi dan lama waktunya.

  1. Mempertimbangkan Singgah ke Hunian Lebih Kecil

Tidak ada salahnya juga jika Anda mengatur biaya untuk membeli rumah yang lebih kecil. Keuntungan rumah kecil adalah biaya perawatan per bulannya yang cukup terjangkau.

Selain itu Anda juga tidak akan mengalami kerepotan untuk membersihkan rumah. Seiring bertambahnya usia tentunya tidak banyak tenaga yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah ukuran besar bukan.

  1. Rutin Mengecek Laporan Kredit

Tidak masalah jika Anda mengakses kredit online sebelum masa pensiun tiba. Hal paling penting adalah teliti terhadap laporan kredit tiap bulannya. Tujuannya agar Anda bisa terhindar dari masalah penipuan pinjaman.

Anda bisa melakukan pencatatan terperinci secara pribadi bisa juga mengandalkan fitur history dalam aplikasi pinjaman online terbaik. Setiap aplikasi pasti sudah dilengkapi dengan riwayat pinjaman dan pembayaran cicilan yang mudah diakses.

Jika Anda ingin mencari aplikasi terbaik dalam layanan pinjaman online, bisa mengakses Tunaiku dari Amar Bank. Produk Tunaiku ini lebih terjamin keamanannya, karena induk dari Tunaiku yaitu PT Amar Bank Indonesia Tbk sudah mendapatkan izin OJK.

Jadi semua kegiatan keuangan yang dilakukan pada aplikasi Tunaiku terjamin keamanannya. Cara pengajuan pinjaman pun tidak sulit, hanya berbekal KTP saja Anda bisa langsung memperoleh dana tunai.

Tunaiku menyediakan layanan keuangan baik bagi Anda yang hendak pensiun atau membutuhkan suntikan dana untuk modal usaha. Usai pengajuan pinjaman disetujui maka dana akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

Segera persiapkan diri mengenai keuangan sebelum masa pensiun tiba. Anda pun tidak akan menyesal nantinya saat pensiun karena pengelolaan keuangan sudah dilakukan sejak awal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *