BLT – DD Tahap Tiga Disalurkan Pasca Pilkada

0
284
ILUSTRASI penyaluran BLT Dana Desa. (foto: paradase.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Penyaluran sebagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) tahap tiga sebanyak 11.173 terhadap KK terdampak Covid-19, yang tersebar di 169 desa bakal disalurkan pasca Pilkada Serentak 2020.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Halmahera Barat (Halbar), Asnath Sowo, Jumat (4/12) kemarin.

Dia mengaku, dari 169 desa tersebut, sebagiannya sudah dicairkan. Sedangkan sisanya masih dalam proses pencairan. Bahkan sebagian desa yang telah melakukan pencairan ini, telah menyampaikan laporannya ke DPMPD.

“Untuk Tahap I dan II anggarannya mencapai Rp13 miliar lebih. Sedangkan untuk tahap persen mencapai Rp5 miliar lebih. Jadi total anggaran BLT-DD untuk Halbar di atas yang sudah tersalur kurang lebih Rp18 miliar sekian,” jelasnya.

DPMPD, kata Asnath, selama penyaluran BLT – DD selalu mengingatkan agar masyarakat penerima bantuan selalu mengikuti protokol kesehatan, dengan tetap menjaga jarak dan mengunakan  masker.

Sedangkan untuk BLT – DD 2021 mendatang diperkirakan masih berlanjut. Ini mengacu pada Permendes terkait pemulihan ekonomi. Namun DPMPD masih menunggu informasi resmi dari pusat.

“Terutama berapa besar alokasi anggaran yang nanti akan dikucurkan melalui Dana Desa tahun 2021. Jadi kami masih menunggu petunjuk teknis melalui Permendagri,” tukasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here