Dishub Dukung Ramaikan Kembali Trayek Sidangoli-Tobelo

0
429
Sejumlah mobil di Terminal Sisangoli saat menunggu penumpang dari Ternate menuju Sidangoli menggunakan kapal Ferry. (Foto: Zulfikar/Kumparan)

HARIANHALMAHERA.COM – Angkutan lintas halmahera rute Tobelo -Sidangoli yang saat ini sepi pasca pemindahan trayek ke Sofifi, oleh pihak Organda Halmahera Barat (Halbar) terus diupayakan untuk dikembalikan aktivitasnya seperti dahulu kala.

Upaya Organda ini pun didukung penuh Dinas Perhubungan (Dishub)setempat. Kabid Darat Dishub Halbar, Ansar Wursok mengaku, persoalan ini sebelumnya pernah dibahas dalam rapat bersama di tingkat Propinsi saat membahas pembukaan trayek Sidangoli-Maba.

Trayek Sidangoli-Tobelo sendiri memang telah berjalan, namun belum menunjukan peningkatan siginifikan. “Sehingga dengan upaya kordinasi antara Organda lintas Kabupaten itu, diharapkan, bisa meningkatkan kembali pertumbuhan sektor perhubungan di Terminal Sidangoli ,” katanya.

Bahkan, dia menyebut secara geografis, jarak tempuh Sidangoli-Tobelo lebih dekat ketimbang Sofifi-Tobelo. Selain itu, sesuai SK Gubernur Malut Nomor: 279/KPTS/MU/2016 tentang Penyesuaian tarif Angkutan antar Kabupaten dalam provinsi Kelas Ekonomi lebih murah.

Untuk menunjang peningkatan transportasi di Sidangoli, sendiri saat Dishub juga mulai melakukan pembenhan, baik pengaturan rekayasa lalu lintas hingga penyipan kahan parkir angkutan lintas. “Sebagian infasrtuktur terminal juga akan diperbaiki baik lampu jalan hingga ruang tunggu,” tukasnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here