Nelayan Halbar Bakal Dapat Bantuan Alat Tangkap

0
307
Ilustrasi nelayan kecil. (foto: kkp.go.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Upaya mendorong sektor perikanan lewat pengadaan alat tangkap bagi para nelayan di Halmahera Barat (Halbar), mendapat angin segar dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP).

Berdasarkan hasil konsultasi Komisi II DPRD Halbar di KKP terkait penyediaan alat tangkap bagi para nelayan, mendapat respon positif.

Ketua Komisi II DPRD Halbar, Nikodemus H. David, Rabu (21/10) mengungkapkan, dari hasil konsultasi bersama Direktorat Logistik KKP, Kasubbid dan Staf KKP dalam pertemuan tersebut, turut mengapresiasi dorongan Komisi II DPRD Halbar.

Politisi Partai Gerindra itu menegaskan, usulan bantuan alat tangkap bagi para nelayan berupa perahu hingga rumpon tersebut, pihak Kementerian berjanji bakal mengakomodir dalam APBN tahun anggaran 2021 mendatang.

BACA JUGA : Dorong Pengadaan Alat Tangkap Nelayan

Dengan bantuan tersebut, dia berharap bisa meningkatkan produksi hasil tangkap nelayan. Mengingat hampir sebagian besar nelayan di Halbar masih mengandalkan sistem tradisonal.

Sehingga dengan bantuan dari KKP tersebut, nelayan di Halbar bisa bersaing dengan nelayan dari Tidore dan Ternate yang alat tangkapnya terbilang lebih memadai.

Dia menambahkan, dalam pertmuan tersebut, KKP juga meminta DPRD maupun Pemkab dapat mempersiapkan berbagai persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Itu akan ditindaklanjuti oleh Komisi II saat tiba di Halbar. Kami akan panggil Dinas Kelautan dan Perikanan menyiapkan persyaratan dimaksud, untuk disampaikan ke Kementerian,” pungkasnya. (tr-4/kho) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here