186 Cakades Halut Gelar Tes Tertulis dan Wawancara

0
267
Ilustrasi Pilkades

HARIANHALMAHERA.COM— Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sudah masuk tahapan tes tertulis dan wawancara. Pelaksanaan tes digelar Kamis (14/10) hari ini di SMA Negeri 6 Tobelo.

“Semua ada 186 Cakades yang sudah lulus berkas akan mengikuti tahapan tes tertulis serta tes wawancara. Rencananya mulai pukul 09:00 sampai Pukul 16:00 WIT,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Wenas Rompis

Rompis mengaku, sejauh ini tahapan Pilkades serentak belum mendapatkan kendala-kendala selama proses berjalan.

“Ya sejauh ini memang belum ada kendala-kendala, saya juga berharap agar proses ini bisa berjalan baik hingga akhir,” ujarnya.

Sebagaimana dineritakan sebelumnya, Pilkades serentak 2021 akan digelar pada 24-30 Oktober 2021. Sementara, Desa Gosoma yang akan menggelar kembali Pilkades direncanakan lebih cepat yakni pada 21 Oktober 2021.

Untuk Pilkades Gosoma, Wenas memberikan klarifikasi, bahwa terkait dengan polemik karena diusulkan hanya dua kandidat yang berhasil lolos sebagai cakades. Sebab Desa Gosoma berbeda dengan 53 desa lainnya. Pilkades Gosoma bukan karena masa jabatan kepala desa berakhir.

Desa Gosoma pada Pilkades tahun 2019 lalu telah melaksanakan Pilkades serentak dan pada waktu itu terdapat empat kandidat yang lolos. Hasil Pilkades ada dua kandidat yang memiliki perolehan suara yang sama, yaitu sebanyak 601 suara.

“Pilkades Desa Gosoma berbeda dengan Pilkades di 53 Desa, karena pada saat itu kedua kandidat memiliki perolehan suara yang sama dan tidak bisa di tentukan, sehingga Pemkab mengambil langkah untuk tidak memutuskan,” jelasnya.(san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here