Halut

2022 Rawajaya Bersih dari Sampah

×

2022 Rawajaya Bersih dari Sampah

Sebarkan artikel ini
M. Iksan Madu

HARIANHALMAHERA.COM–Maraknya pembuangan sampah disemberangan tempat oleh oknum masyarakat membuat pemerintah Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo benar-benar putar otak untuk mengatasinya. Pihaknya pun menyusun program 2022 lingkungan Rawajaya harus bersih dari sampah.

Kades Rawajaya, M. Iksan Madu, mengatakan, penanganan masalah sampah sebetulnya sudah dilakukan dengan berbagai kebijkan namun semua itu masih belum membuat warga jerah.”kami akan usulkan pengadaan bak sampah dan armada angkut sampah, ini sudah diprogramkan sejak tahun 2020 lalu, bahkan masuk dalam program prioritas. Begitu juga Perdes, sudah ada rancangannya, namun karena bencana non alam Covid-19 sehingga sebagian anggaran digunakan untuk Bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat yang terdampak covid,”katanya, rabu (15/9).

Selain mengatasi sampah menurut Kades Rawajaya, pemdes juga rancang program di tahun 2021 berupa penerangan jalan, pembangunan drainase dan jalan setapak khususnya daerah yang becek dan rawan banjir. “beberapa program yang dicanangkan selesai direalisasi,”ujarnya.

Tahun 2022 nanti lanjut Kades Rawajaya, program prioritas dibahas lagi di Musrembang dan pemdes tetap konsisten agar program pokok sesuai visi misi, terutama soal penanganan sampah.”kami juga rancangan program bantuan biaya perbaikan rumah bagi masyarakat kurang mampu dan pengeloaan potensi Desa lewat BumDes,”tuturnya.(rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *