Dokumen Lengkap, Cakades Terpilih Langsung Dilantik

Wenas: Pelantikan Tidak Serentak

0
366
Kadis DPMD Halut, Wenas Rompis

HARIANHALMAHERA.COM–Kabar gembira bagi para calon kepala desa (cakades) yang baru saja terpilih melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halut tidak akan membuat kursi kades kosong terlalu lama.

Tidak seperti Pilkades sebelumnya, tahun ini Pemkab mempercepat proses pelantikan para cakades terpilih. Pelantikannya pun tidak serentak menunggu semua desa selesai. Pelantikan dilakukan kepada cakades terpilih yang seluruh dokumennya sudah siap dan tidak bermasalah.

Sebagaimana penuturan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wenas Rompis. Dia mencontohkan Desa Gosoma. Karena dokumen untuk Pilkades Gosoma sudah rampung, sehingga dilakukan pelantikan terlebih dahulu.

Selanjutnya kata Wenas, untuk Pilkades yang telah digelar di sejumlah desa lainnya, juga akan dilihat dokumen masing-masing. Jika tidak didapati kendala, maka akan diatur proses pelantikan secepatnya. “Gosoma kita dahulukan dikarenakan dokumen sudah rampung dan tidak ada kendala,” terang Wenas, Rabu (27/10).

Selain alasan kelengkapan dokumen Pilkades, DPMD juga menyebut alasan lain sehingga mempercepat pelantikan cakades terpilih. Disebutkan, keberadaan kades definitif sangat penting karena tidak lama lagi akan dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di desa. “Kalau penjabat sulit mempertanggungjawabkan, sehingga secepatnya dilantik kades definitif. Sehingga proses pemerintahan selama 6 tahun Kedepan berjalan dengan baik. Jadi, jika sudah tidak ada hambatan, kita akan lantik secepatnya. Musrenbang desa rencananya November depan,” ujarnya.

Wenas berharap, setelah selesai Pilkades maka yang menang itu bukan individu, yakni kades itu sendiri melainkan kemenangan masyarakat. “Para kades yang nantinya dilantik harus melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan penyampaian visi dan misi,” pintanya.

Kades Gosoma Dilantik

DEFINITIF: Pelantikan Otniel Kofia sebagai Kades Gosoma periode 2021-2027 yang dipimpin Camat Tobelo.(foto: istimewa)

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, tahun 2019 yang sempat bermasalah, akhirnya tuntas. Pilkades Gosoma yang digelar kembali 2021, akhirnya memilih Otniel Kofia sebagai cakades terpilih. Pagi kemarin, Otniel dilantik sebagai Kades Gosoma periode 2021-2027.

Pelaksanaan pelantikan berlangsung di Kantor Camat Tobelo. Camat Safrudin Lauhin mewakili Bupati Halut mengambil sumpah janji Otniel Kofia sebagai Kades Gosoma yang akan menggantikan Penjabat Kades Erwina Duke.

Dalam amanatnya, Camat Tobelo Safrudin Lauhin berharap Kades Gosoma yang baru bisa Desa Gosoma lebih baik ke depan. Dia juga berharap, koordinasi dan sinkronisasi program dalam menyukseskan program daerah Tobelo Bersih dan Tobelo Terang. “Apalagi Desa Gosoma, sebagian wilayahnya masuk pusat kota, pusat ekonomi bisnis. Karena itu, kami sangat menanti program kerja Pemdes Gosoma ke depan,” ucapnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here