Fredy Tjandua Meninggal Dalam Perjalanan ke RS

0
565
Detik-detik pemakaman Sekda Halut, Fredy Tjandua di di TPU Waleleng, Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu, Bitung, Sulawesi Utara. (Ist)

HARIANHALMAHERA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Utara (Halut) Fredy Tjandua rupanya sudah meninggal dua dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kandou Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini disampaikan langsung Direktur Utama (Dirut) RSUP Kandou Manado Jimmy Panelewen sebagaimana yang dilansir Kompas.com, Jumat (21/8). “Saat sampai di rumah sakit sudah meninggal. Dead on Arrival (DOA). Tim medis sempat berupaya, tapi sudah tidak bisa ditolong,” kata Jimmy.

Dia menjelaskan, Fredy saat tiba di rumah sakit langsung dibawa ke ruang isolasi tekanan negatif. “Karena sudah terkonfirmasi Covid-19 dengan hasil swab. Itu mekanesime kita, jadi tanpa melalui IGD lagi. Tapi langsung ke ruang isolasi,” kata Jimmy.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Bitung Audy Pangemanan mengatakan, jenazah Fredy dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu, Bitung, Sulut. “Pemakaman tadi pagi dengan protokol kesehatan ketat,” kata Audy saat dikonfirmasi.

Sebelum jenazah dimakamkan, sempat digelar ibadah singkat yang dipimpin Pendeta Aifan Gigir. Kemudian dilakukan prosesi penghormatan terakhir kepada mantan Kepala DPKAD Setda Halut itu dengan penyematan bendera merah putih.

“Petugas yang memakamkan jenazah menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, dari Satpol PP didampingi petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan,” ujar Audy.

Selain dari jajaran Pemkot Bitung, pemakaman juga dihadiri pihak Pemkab Halut diwakili oleh Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Kadis Infokom), Deky Tawaris sekaligus memberikan sambutan. (kc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here