Habis Banjir, Tobelo Diselimuti Abu Vulkanik

0
93
Ilustrasi : Gunung Dukono (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Belum sepenuhnya surut genangan air hujan yang meredam ratusan rumah warga di 7 Kecamatan. Pada Minggu (17/1) pagi sekira pukul 06.00 Kota Tobelo dan sekitarnya diselimuti abu vulkanik dari gunung api Dukono.

Kepala Pos Pemantau Dukono, Iwan Amat, mengatakan dari pengamatan visual di pos pantau pada pagi sampai sore kondisi gunung tertutup kabut. Cuaca berawan dan mendung angin sedang ke timur dan timur laut suhu udara 30°C, tepatnya di atas di Tobelo serta sekitarnya. “Saat ini semburan debu vulkanik mengikuti arah angin ke timur dan timur laut (Tobelo),” katanya, Minggu (17/1).

Status gunung Dukono sendiri menurut Iwan, sampai saat ini tingkat aktivitasnya masih waspada level II, namun selalui diimbau pada masyarakat di sekitar kaki gunung maupaun wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2 km dari kawah malumpang warirang. ”Selalu diimbau pada masyarakat, agar tetap waspada,” ujarnya.

‘Serangan’ abu vulkanik ini tentunya harus menjadi perhatian khusus warga di Kota Tobelo dan sekitarnya. Harus selalu mengenakan masker, karena abu vulkanis cukup mempengaruhi kesehatan pernafasan. Apalagi saat ini di tengah wabah virus corona yang juga menyerang sistem pernafasan.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here