Kapolda Malut Pimpin Tanam Pohon

0
261
Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto saat menanam Pohon di lingkungan SPN Sofifi.

HARIANHALMAHERA.COM-Kepala Kepolisian Maluku utara (Malut) Brigjen Pol. Suroto memimpin penanaman pohon sebagai upaya mendukung program pelestarian lingkungan. Jumat (10/01) di SPN Sofifi. Sebanyak 30 lokasi sejumlah pohon itu ditanam.

Suroto saat dikonfirmasi mengatakan, dilakukannya penanaman pohon adalah bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan. Sebab, sekarang semakin hari tumbuhan berangsung mulai hilang akibat dari adanya penebangan liar yang mengakibatkan banjir. Makanya, Polri memprogramkan adanya penghijauan.

“Pohon punya peran penting dalam menjaga keseimbangan berlangsungnya kehidupan di bumi. Satu pohon saja dalam setahun dapat menghasilkan 130 Kg oksigen dan menyerap gas Karbondioksida sebanyak 1 ton. Itu artinya, pohon sangat membantu menurunkan emisi gas rumah kaca dari pengaruh Global Warming,”jelasnya. Jumat (10/01).

Selain itu, Kata Suroto, pohon juga menjadi solusi dalam mencegah bencana alam, seperti Longsor, Banjir maupun Kekeringan. Dengan begitu, menanam pohon menjadi kontribusi nyata untuk memperbaiki lingkungan.

“Kami telah menyediakan 7.375 ribu pohon yang siap ditanam. Jenisnya antara lain, pohon Durian, Ketapang, Tanjung, Samama, Nyatoh, Gosale dan Pala,”ujar orang nomor satu Polda ini.

Menurutnya, sejumlah pohon yang sudah disiapkan itu bakal disebarkan di 30 lokasi. Yakni, Mako Polres, Mako Polsek, Asrama Polres, Asrama Polsek, Sekolah, tempat Ibadah serta Taman Kota yang ada di Malut.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan kelak dapat menjadi amal ibadah yang bernilai pahala,”harapnya.

Mengahiri Suroto berpesan, agar sama sama menjaga dan memelihara pohon yang telah tertanam sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan. Ia juga mengajak bahu membahu terus menyuarakan pentingnya pelestarian hutan dan lingkungan.

Reporter: Alkahfi Hi Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here