Kepala BPBD: Pemerintah Tangani Rumah Korban Kebakaran di Togoliua

0
203
Kepala BPBD Halut, Abner Manery

HARIANHALMAHERA.COM–Bencana kebakaran yang menghanguskan dua rumah milik Wahid Kuna dan Ani Hamam di Desa Togoliua, Kecamatan Tobelo Barat, mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Melalui melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah bakal membantu membangun kembali rumah korban.

Kepala BPBD Abner Manery mengatakan, pihaknya sudah menghubungi Kepala Desa Togoliua untuk berkoordinasi terkait kebakaran dua rumah di Desa Togoliua. Tetapi pihak BPBD belum menindaklanjuti karena harus menunggu laporan resmi dari kepolisian atas bencana kebakaran tersebut.

BACA JUGA : Dua Rumah di Togoliua Terbakar, ini sebabnya

”Jika laporan kepolisian menyebutkan bahwa kebakaran itu berupa bencana, maka BPBD menindak lanjuti dengan melaporkan ke Bupati sekaligus meminta persetujuan untuk membantu membangun rumah korban,” ujar Abner, Rabu (3/11).

Abner mengaku bahwa pihak BPBD belum menerima laporan resmi dari kepolisian, tetapi baru sebatas koordinasi dari Kades Togoliua. Karena itu, BPBD belum mengambil langkah. “kami masih harus menunggu laporan polisi untuk melihat apakah itu murni bencana kebakaran atau tidak. Jika itu murni bencana kebakaran, maka BPBD membantu membangun kembali rumah warga. Sementara untuk isi rumah ada di Dinas Sosial, pungkasnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here