Korban Gempa Dapat Bantuan Bahan Rumah

0
143
ILUSTRASI : Salah satu rumah warga di Kecamatan Tobelo Barat yang rusak akibat gempa Senin (10/1)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara kembali menyalurkan bantuan untuk warga Kecamatan Tobelo Barat dan Kao Barat yang terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu. Kali ini, bantuan yang diberikan pemerintah daerah berupa bahan bangunan rumah.

Namun bantuan tersebut oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut menyampaikan bahwa lebih prioritaskan pada warga yang rumahnya rusak akibat gempa gempa bumi.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery pun menuturkan bahwa pemkab Halut melalui BPBD akan segera mendistribusikan bantuan pada masyarakat dua Kecamatan yang terdampak gempa sebagai bentuk realisasi komitmen Bupati Halut yang berjanji membantu meringankan beban korban bencana alam. “Iya, pemda Halut akan berikan bantuan berupa meterial rumah dalam waktu dekat dan sudah ada daftar penerima bantuan ini,”katanya, selasa (1/2)

Jumlah penerima bantuan ini menurut Kepala BPBD Halut, berdasarkan data yang dimiliki telah tercatat sebanyak 67 kepala keluarga yang tersebar di Kecamatan Tobelo Barat dan Kao Barat. Sebab, sesuai pendataan dilapangan rumah mereka mengalami rusak baik ringan maupun berat.

“Sesuai dengan daftar yang BPBD miliki, Kecamatan Tobelo Barat sebanyak 15 KK yang rumahnya rusak sedang sehingga mereka akan mendapatkan bantuan bahan rumah berupa batu bata (tela) sebanyak 2.250 buah, semen sebanyak 75 bantal dan pasir 1 ret, dimana bantuan itu akan dibagikan pada 15 KK,”ujarnya.

Sementara di Kecamatan Kao Barat lanjutnya, sebanyak 52 KK yang rumahnya rusak sedang, dimana pemberian bantuan tetap sama seperti di Tobelo Barat tetapi jumlahnya yang berbeda.

”Untuk bantuan bahan rumah ke Kao Barat, dimana batu bata sebanyak 7.800 buah, sedangkan untuk semen sebanyak 260 bantal dan pasir 3 ret, itu untuk rumah yang rusak sedang, sedangkan untuk rumah yang rusak berat sebanyak 9 unit akan diberikan batu bata sebanyak 4.500 buah, semen sebanyak 90 bantal dan pasir 5 ret,”jelasnya.

BPBD Halut pun berharap bantuan yang diberikan oleh Pemkab Halut tersebut sedianya dapat membatu meringankan beban masyarakat walaupun bantuan yang salurkan terbatas,”semoga dengan adanya bantuan ini para korban gempa bisa memperbaiki kembali rumah mereka yang rusak,”imbuhnya. (cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here