KPU Halut Mulai Seleksi Tertulis Calon Anggota PPS Pemilu 2024

0
78
Seleksi PPS oleh KPU Halut pada hari pertama

HARIANHALMAHERA.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara (Halut), rabu (11/1) mulai melaksanakan tes tertulis terhadap calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 yang tersebar di 197 Desa se-Kabupaten Halut. Seleksi tersebut akan berlangsung selama dua hari terhitung mulai rabu sampai kamis (12/1).

Pada seleksi hari pertama telah diikuti sebanyak 10 Kecamatan, yakni Kecamatan Tobelo, Tobelo Tengah, Tobelo Utara, Tobelo Selatan, Tobelo Barat, Tobelo Timur, Galela, galela Barat, Galela Selatan dan Galela Utara, yang mana lokasi tes berlangsung pada beberapa tempat yang berbeda, yaitu di gedung sekolah MTS Istigomah Igobula, SMA Alkhairat Tobelo, MTS Muhammadiyah Galela, SD Negeri  Tomahalu dan SMP 14 Halut.

Anggota KPU Halut Devisi SDM dan Parmas, Asmawati Marsaoly, mengatakan, jumlah peserta seleksi PPS Pemilu 2024 sebanyak 1.443 orang.

“Untuk seleksi hari pertama ini (rabu) diikuti sejumlah Desa pada 10 Kecamatan dengan total pesertanya sebanyak 741 peserta,”katanya.

Dalam pelaksanaan tes ini lanjut Asmawati, semua komisioner KPU Halut dibagikan tugas masing-masing untuk mengawal pelaksanaan dan pihak Bawaslu Halut pun ikut turun melakukan pengawasan terutama Panwascam di masing-masing Kecamatan.

“Untuk tes hari kedua nanti (kamis) tersisah 7 Kecamatan, yaitu Kecamatan Malifut, Kao, Kao Utara, Kao Teluk, Kao Barat, Loloda Utara dan Loloda Kepulauan dengan jumlah peserta sebanya 702 orang,”ujarnya.

Hasil tes tertulis sambung Asmawati, akan diumumkan pada tanggal 15 sampai dengan 17 Januari 2023, sementara tangapan masyarakat terkait calon anggota PPS sudah dibuka sejak tanggal 6 sampai dengan 17 Januari 2023.

“Setelah tes tulis KPU Halut langsung memusnahkan sejumlah soal dan berita acara. Kemudian sesuai juknis KPU RI, untuk pengumuman hasil tes wawancara ini selama tiga hari, karena kami akan memeriksa hasil tes tertulis,”tuturnya (sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here