Meriahkan HUT RI ke-77, Pemdes Ngidiho Gelar Lomba Gerak Jalan Antar RT

0
37
Foto bersama antara Pemdes Ngidiho Dengan Peserta Lomba Gerak Jalan (Foto : Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemerintah Desa (Pemdes) Ngidiho, Kecamatan Galela Barat (Galbar) tak ingin tertinggal dari Desa lain dalam meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun 2022. Pihaknya pun menyelenggarakan lomba gerak jalan indah antar RT di Desa mereka yang bertujuan agar rasa kecintaan masyarakat terhadap NKRI.

Kepala Desa (Kades) Ngidiho, Kamal Abdulla, mengatakan HUT RI ke 77 ini berbeda dengan tahun sebelumnya setelah dilanda bancana non alam berupa pandemic Covid-19 sehingga tidak ada kegiatan yang dilakukan, namun di tahun 2022 ini Pemdes Ngidiho telah menggelar beberapa lomba yang di ikut sertakan oleh 9 RT.

“Memang sebelumnya kita tidak bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini, karena pandemic Covid-19, di tahun kami melaksanakan lomba gerak jalan indah di masing-masing RT, kita coba meramaikan HUT RI di Tahun ini,”katanya, rabu (17/8).

Dari 9 RT tersebut lanjut Kades Ngidiho, terdapat sebanyak 16 tim yang mengikuti lomba gerak jalan, baik gerak jalan indah maupun ada juga tim ‘gado-gado’ dan ternyata animo masyarakat sangat tinggi ketika Pemdes membuat lomba tersebut sehingga kedepan Pemdes rencanakan pelaksanaan sendiri upacara HUT RI di Desa Ngidiho.

“Tahun depan kami rencana melaksanakan upacara HUT RI di Desa, agar masyarakat yang ada desa baik orang tua-tua maupun anak muda bisa merasakan kemeriahan HUT RI ini, karena setiap tahun hanya dilaksanakan di Kecamatan, masyarakat yang ada di setiap Desa tidak menikmati ketika upacara itu di mulai,”ungkapnya.

Sementara sekretaris panitia lomba, Riskam Aramim, menuturkan, lomba yang di selenggarakan oleh Pemdes Ngidiho bukan hanya gerak jalan indah, namun ada beberapa mata lomba yang disiapkan oleh panitia, yakni, lomba gerak jalan, lari karong untuk tingkat anak-anak, voli, dan lomba seni budaya seperti lomba tilawah Qur’an, puisi, tide-tide, dan cakalele untuk tingkat anak-anak.

“kegiatan ini kami bukan hanya fokuskan untuk umum, namun ada beberapa mata lomba juga kami libatkan untuk anak-anak, sehingga mereka juga dapat menikmati HUT RI,”ujarnya

Dia pun berharap generasi muda terutama anak-anak harus diajarkan hal-hal positif, dengan berkembang jaman saat ini, kebanyakan anak-anak saat ini tidak lagi sibuk dengan belajar, mereka lebih suka bermain game, maka mereka harus di berik edukasi yang baik sejak dini. “Kita lihat saat ini kebanyakan anak-anak tidak lagi sibuk dengan belajar, maka kita harus membuat sesuatu di desa agar mereka ikut kita libatkan, agar tidak terpengaruh dengan hal-hal buruk,”pungkasnya.(pn/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here