Panen Bawang 1,5 Ton, Poktan Pediwang Binaan SP PTNHM Raup Untung Rp.75 juta

0
121
Budidaya bawang merah oleh Poktan Hijau Merah Desa Pediwang, Kao Utara memetik hasil panen bersama tim SP PT NHM

HARIANHALMAHERA.COM– Setelah melalui proses pembenihan, bercocok tanam hingga perawatan secara serius dalam budidaya bawang merah oleh kelompok tani (Poktan) Hijau Merah di Desa Pediwang Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara, akhirnya kelompok usaha binaan Tim Social Performance (SP) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) ini berhasil menuai hasil panen yang memuaskan.

Budidaya bawang merah oleh Poktan Hijau Merah binaan SP PT NHM yang diprediksi akan panen pada tanggal 27 juni 2022 itu terbukti, dimana pihaknya Poktan bersama Tim SP PT NHM yang dipimpin langsung manajernya, Hansed Pither Lassa, telah melakukan panen raya di lokasi budidaya bawang, yakni Desa Pediwang, Kao Utara.

Informasi yang dihimpun dari Tim SP PT NHM maupun Poktan tersebut bahwa dari hasil panen budidaya bawang itu telah mampu meraup keuntungan bersih sebesar sekitar Rp.75 juta, sebab berdasarkan perkembangan harga bawang merah di pasaran saat ini telah melambung naik capai Rp.60 ribu/kg, sementara itu hasil panen bawang oleh poktan binaan PT NHM tersebut mencapai 1,5 ton sehinggan dengan demikan penerimaan petani dari hasil panen di atas lahan 0,25 hektar atau ¼ ha telah diperkirakan mencapai sebesar Rp.90 juta lebih, yang mana modal awal hanya Rp. 15 juta.

Ketua Poktan Merah Hijau, Yano Riskan Tidore, pun menuturkan bahwa budidaya bawang merah yang mereka tekuni tersebut di atas lahan seluas 0,25 hektar atau ¼ ha itu telah berhasil menuai panen perdana mencapai 1,5 ton dan tentunya hasil yang cukup memuaskan tidak terlepas dari support luar biasa dari Presiden Direktur (Presdir) PT NHM, H Robert Nitiyudo Wachjo bersama manajemennya di SP PT NHM.

“Kami Poktan Hijau Merah sangat bersyukur atas panen raya ini dan tentunya nikmat ini tidak terlepas dari dukungan besar dari pa Haji Robert selaku Presdir sekaligus owner PT NHM dan manajemennya di SP PTNHM, karena NHM di tangan pa Haji Robert, berbagai usaha yang ditekuni warga telah mendapat perhatian special hingga berdampak apda kesejahteraan yang luar biasa,”katanya.

Sementara itu manejer SP PT NHM, Hansed Pither Lassa, menyampaikan bahwa Tim SP PT NHM sudah pasti terus memantau seluruh aktifitas masyarakat berkaitan dengan pengembangan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Apalagi budidaya bawang merah dengan biji ini masih baru dan cukup berhasil dengan harga yang terus melambung dipasaran sehingga diharapkan dapat terus dikembangkan di lingkar tambang PTNHM teristimewa Kecamatan Kao Utara

“Prinsipnya, pa Haji Robert bersama manajemen PT NHM terus memperhatikan dan peduli terhadap usaha-usaha yang ditekuni masyaraka lingkar tambang, karena sudah menjadi tekad pa Haji adalah untuk sejahterakan warga lingkar tambang dengan sajian program yang menyentuh kebutuhan dasar,”ujarnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here