Pemkab Halut ke Polandia, Ibarat ‘Melihat Semut Di Seberang Lautan’

0
44
Kantor Bupati Halmahera Utara (Foto : Indotimur)

HARIANHALMAHERA.COM–Kunjungan kerja (Kuker) Bupati Frans Manery bersama rombongan sejumlah penjabat Pemkab Halmahera Utara ke Negara Polandia tepatnya Pemerintah Kota Gora Kalvaria beberapa waktu lalu ternyata membawa pulang oleh-oleh yang terbilang cukup berharga, yaitu proyek pembangunan pasar berstandar internasional yang bersih dari sampah. Rencananya pasar tersebut akan direalisasi tahun 2023 mendatangan pada tiga tempat yang berbeda.

Namun ada sisi kritis dari perjalanan Pemkab Halut tersebut, dimana bagi sebagian masyarakat Halut bahwa jauh-jauh pergi keluar negeri hanya pulang membawa sesuatu yang diibaratkan ‘semut di seberang lautan tampak, sementara gajah di pelupuk mata tak tampak’. Sebab, Kabupaten Halut sendiri memiliki sejumlah bangunan pasar tetapi sebagiannya belum difungsikan hingga saat ini, meski pembangunannya telah menguras anggaran mencapai miliaran rupiah.

Pemberian tiga unit proyek pasar bertaraf internasional yang bersih dari sampah untuk Pemkab Halut itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Halut, Nyoter Koenoe, yang juga ikut dalam rombongan perjalanan ke Kota Gora Kalvaria, Polandia tersebut.

“Kunjungan kami ke Kota Gora Kalvaria beberapa waktu lalu adalah diundang oleh Pemerintah Kota Gora Kalvaria di Polandia, disana kami pelajari dan melihat secara langsung pengelolaan pasar yang ada di Kota Gora Kalvaria Polandia, baik dari segi pembangunan, pengelolaan sampah, dan penataan Kota,”katanya Kadisperindag Halut, Nyoter Koenoe, rabu (22/6)

Disana lanjut mantan Kepala PMD Halut, masyarakat sudah sangat menyadari soal kebersihan lingkungan, artinya membuang sampah tidak semberangan tepat dan perawatan pasar pun cuku luar biasa. “di sana banyak hal yang kita pelajari soal pasar terutama masalah persampahan di sekitar pasar, memang di sana masyarakat sudah menyadari terkait dengan sampah,”ungkapnya.

Terkait pembangunan pasar internasional di Kabupaten Halut menurutnya, telah dijanjikan Pemerintah Kota Gora Kalvaria untuk dibangun pada tahun 2023, dimana sumber anggaran proyek pasar tersebut disuntik dari Uni Eropa. “Jadi perencanaan pembangunan pasar internasional ini di tiga tempat, yaitu di seputaran Desa Wosia, Desa Rawajaya dan Desa Gura. Pasar ini nantinya diajarkan untuk bisa menyadari akan sampah, karena tidak bisa membuang sampah sembarang,”ujarnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here