Resmikan Sumur Air Bersamaan Panen Telur, SP PT NHM- Bupati Halut Ikut Bahagia

0
393
BAHAGIA : Bupati Halut, Ir. Frans Manery dan Manager SP PT. NHM Ikut Memanen Telur (Foto : NHM)

HARIANHALMAHERA.COM– Kelompok usaha ternak ayam petelur Bina Insan Sejahtera Desa Gamlaha Kecamatan Kao Utara yang merupakan bagian dari binaan Social Performance (SP) PT NHM, akhirnya merasa bahagia dengan panen perdana telur broiler mereka, setelah sebelumnya beberapa pekan lalu, tim SP PT NHM sempat salurkan bantuan pakan (makanan ternak) sebanyak 1,8 ton jenis L83S terhadap kelompok usaha tersebut.

Selain panen perdana, kelompok ternak ini juga dibuat haru dan senang, sebab di momen bersamaan itu telah dilangsungkan peresmian sumur air tanah dalam, dimana bantuan dari Pemkab Halut. Kedua program tersebut, Jumat (26/11) telah dibuat acara peresmian oleh kelompok ternak dengan mengundang pihak PT NHM yang dihadiri oleh manajer SP PT NHM, Hansed P. Lassa, Bupati Halut, Frans Manery, anggota DPRD Malut dapil Halut-Moratai, Christina Lesnussa dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Halut.

Pemilik peternakan, Keliopas Moloku, pun menyampaikan terima pada H Robert melalui tim SP PT NHM atas bantuan pemberdayaan yang diberikan serta dukungan sehingga usaha mereka berjalan lancar.

“Kami sampaikan terimakasih pada PT NHM, karena tak henti-hentinya memberikan bantuan untuk pengembangan usaha kami,”katanya.

Bupati Halut, Frans Manery bersama Manager SP PT. NHM hadir bersama pada peresmian Sumur Air Tanah Dalam dan Panen Telur (Foto : Ist)

Tak lupa pula lanjutnya, ucapan serupa disampaikan pada Pemda Halut melalui Dinas Pertanian atas fasilitasi kebutuhan air yang tentunya menambah semangat untuk bekerja, sebab berbagai kekurangan usaha dan keluhan akhirnya telah terpenuhi.

“Memang harus kami akui bahwa sejujurnya, tanpa dukungan dari PT NHM dan Pemda Halut mustahil usaha kami berkembang, soal pakan misalnya, sangat sulitnya untuk mendapatkannya, karena pakan ayam harus dipesan sendiri dari luar Halut, namun dengan bantuan NHM akhir bisa meringankan beban kami. Begitu juga bantuan sumur air ini tentunya memudahkan kami merawat usaha,”ujarnya.

Jumlah ternak ayam petelur yang dimiliki menurutnya, saat ini ada sekitar 496 ekor dengan mempekerjakan karyawan warga lokal sebanyak seratus orang lebih.

“Selain ternak ayam, kami juga manfaatkan lahan kosong untuk budidaya pertanian seperti jagung, kacang tanah dan padi ladang,”terangnya.

Bupati Frans dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sangat mensuport kegiatan kelompok usaha yang dibuat warganya, salah satunya kelompok Bina Insani Sejahtera, yang mana telah nyata menunjukkan usaha pada semua orang.

“Kelompok usaha ini tentunya menggerakkan kita semua terutama para petani untuk bergiat bercocok tanam. Sebab petani belakangan ini terus menunjukkan produksi dari hasil pertaniannya,”ungkapnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here