Rumah Adat Suku Modole Bantuan PTNHM Segera Diresmikan

0
83
Tampak perangkat adat Suku Modole saat rembuk untuk bahas persiapan peresmian rumah adat mereka di Kao Barat

HARIANHALMAHERA.COM– Setelah tuntas bangun rumah adat suku Boeng yang terletak di Kao Utara dan adat suku Pagu di Kecamatan Malifut sekaligus resmi difungsikan oleh pemangku adat, kini giliran rumah adat suku Modole di Kecamatan Kao Barat juga merupakan bantuan dari PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) itu akan segera diresmikan, menyusul pekerjaan pengunanannya sudah tuntas.

Rencananya rumah adat masyarakat Modole pemberian dari PTNHM ini akan dilakukan proses peresmian dan penyerahan kuncinya pada hari rabu (26/10) nanti. Tuntasnya pembangunan rumah adat tersebut juga menunjukan rasa peduli yang tinggi dan wujud cinta oleh Haji Robert Nitiyudo Wachjo selaku Presiden Direktur (Presdir) sekaligus Owner PTNHM terhadap adat dan budaya yang di lingkar tambang.

PTNHM saat melakukan monitoring persiapan peresmian rumah adat suku modole

Para pemangku adat pun saat ini tengah membahas persiapan peresmian termasuk menyiapkan kebutuhan untuk meriahkan momentum sejarah baru yang penuh bahagia tersebut lantaran kehadiran rumah adat itu baru terjadi ketika PTNHM dibawa kendali Haji Robert.

Warga pun merasa bangga dan puas, karena PTNHM ditangan Haji Robert telah menghidupkan kembali semangat mereka, karena selain melestarikan adat dan budaya beliau juga telah menyajikan terobosan khusus yang bersumber dari ‘Kantong Sedekah’ dan telah menyentuh kebutuhan dasar masyarakat lingkar tambang yang tersebar di 83 Desa pada 5 Kecamatan, yang mana mulai dari program bantuan bedah rumah layak huni, santuan anak yitim, yaitim piatu, santunan janda-duda lanjut usia hingga program kesehatan gratis bagi keluarga tidak mampu.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here