Rumah Korban Puting Beliung di Gamlaha Mulai Dibangun

0
227
Ilustrasi ; Koramil Kao bersama BPBD Halut saat melakukan pendataan rumah terdampak angin puting beliung di Desa Gamlaha, Kao Utara

HARIANHALMAHERA.COM–Puluhan rumah warga Gamlaha Kecamatan Kao Utara yang rusak terdampak bencana angin puting beliung beberapa waktu lalu, akhirnya saat ini mulai dilakukan pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kabarnya, dari jumlah rumah terdampak musibah alam yang dicatat oleh BPBD Halut bahwa sebanyak sebanyak 16 rumah rusak berat dan 8 rumah rusak ringan tersebut ternyata satu unit rumah rusak berat sudah tuntas dibangun bentuk semi permanen. Bahkan selain rumah, 3 orang warga setempat yang luka-luka pun telah ditangani secara serius.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery, pun menuturkan bahwa dari sejumlah rumah terdampal bencana putting beliung salah satunya telah dibangun kembali oleh Pemdah Halut dengan ukuran 6×7 meter. “Iya (benar,red) kami telah melakukan pekerjaan pembangunan 1 unit rumah semi permanen yang rusak berat berukuran 6×7 meter milik salah satu warga Gamlaha, yang mana menjadi korban bencan putting beliung,”katanya minggu (29/5).

Menurutnya, pembangunan satu unit rumah tersbeut merupakan langkah awal dan tentunya tetapi berlanjut hingga semua rumah yang terdampak gempa dapat diperbaiki. “Setalah satu unit telah selesai dikerjakan maka selanjutnya rumah lain, sehingga itu kami juga berharap warga yang juga korban putting beliung dapat bersabar, sebab Bupati telah menginstruksikan agar rumah warga yang rusak segera di bangun,”tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here