Sudah 76 Rumah Dibedah, 11 Rumah Baru Diresmikan

0
542
ILUSTRASI: Peresmian dan penyerahan kunci salah satu rumah warga kurang mampu di wilayah lingkar tambang yang rampung usai direhab. (Foto: NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Divisi Social Performance (SP) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) bersama Pemerintah Desa (pemdes) di wilayah lingkar tambang, baru saja meresmikan dan menyerahkan 11 kunci rumah bagi warga kurang mampu. Ke-11 rumah tersebut merupakan program bedah rumah dari H Robert Peduli, bantuan pribadi Presiden Direktur (Presdir) sekaligus owner PT NHM H Robert Nitiyudo bagi warga kurang mampu.

Menurut Manajer SP PT NHM, Hansed Pither Lassa, 11 unit rumah bantuan Haji Robert Peduli tersebut, tersebar di 5 kecamatan di lingkar tambang. “Iya, pekan kemarin. Program bedah rumah Haji Robert Peduli telah diresmikan sekaligus penyerahan kunci bagi penerima bantuan dan langsung menempati rumah yang sudah selesai direhab,” katanya, Minggu (5/9).

Hansed menyebut, dengan diresmikannya 11 rumah tersebut, maka total rumah warga kurang mampu yang selesai dibedah sebanyak 76 unit rumah. Capaian ini cukup menggembirakan. Alasannya, upaya penyelesaian program bedah rumah bertepatan dengan pandemic covid-19. Karena berdampak langsung pada aktivitas perusahaan maupun masyarakat.

“Perlu kami tegaskan bahwa program bedah rumah ini akan terus berlanjut. Unit rumah lainnya yang masuk daftar bantuan, sedang dalam proses pembangunan. Karena itu kami harap penerima bantuan, terutama masyarakat lingkar tambang untuk bersabar. Semua program, termasuk bedah rumah ini terus berjalan hingga tuntas,” ucapnya.

Sebagaimana data Divisi SP PT NHM, bahwa pada medio Juni 2021 jumlah rumah yang berhasil dibangun dan diresmikan sebanyak sebanyak 58 unit. Jumlah itu tersebar di Kecamatan Kao sebanyak 15 unit, Kao Utara 6 unit, Kao Barat 22 unit, Malifut 5 unit, dan Kecamatan Kao Teluk 10 unit. “Sampai pada awal September 2021 ini telah bertambah peresmian rumah. Kami dari SP terus memantau di lapangan,” katanya.

Hansed kembali mengingatkan, bahwa program bedah rumah ini merupakan inisiatif langsung dari Haji Robert. Ini adalah niat dan sedekah Haji Robert bagi masyarakat kurang mampu di wilayah lingkar tambang. “Karena itu masyarakat tidak hanya mendapatkan manfaat dari program PPM di sejumlah bidang, tetapi juga bantuan langsung berupa hunian yang layak untuk kehidupan yang sejahtera,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Dim-Dim, Kecamatan Kao, Samuel Talasi mengaku bahwa di desanya juga ikut diresmikan bantuan bedah rumah program Haji Robert Peduli. ”Sebelumnya satu unit lebih dulu diresmikan, sekarang dua unit diresmikan dan langsung dihuni penerima bantuan,” sebutnya.

Samuel juga menyebutkan bahwa di desanya masih ada dua unit yang dalam proses pekerjaan. Dia memastikan dalam waktu tidak lama lagi akan selesai. “Masih ada dua unit yang sementara pekerjaan,” terangnya.(dit/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here