Sepakat Bentuk Federasi Perjuangan Provinsi Malut

0
75
Hasby Yusuf

HARIANHALMAHERA.COM–Refleksi 23 Tahun Provinsi  Malut yang digagas para tokoh pemerkaran Provinsi Senin (17/10) malam, sepakat untuk dibentuk Federasi Perjuangan Provinsi Maluku Utara (FPPMU).

“Pembentukan FPPMU ini sebagai berhimpun gagasan dan semangat bersama pemerintah Daerah untuk meneguhkan kembali kehormatan negeri yang kita cintai ini,” terang Hasby Yusuf, salah satu inisiator kegiatan.

Menurutnya mengatakan alasan digelarnya refleksi ini karena pejuang yang pernah ada dalam pergerakan pemekaran Provinsi Malut merasa  terikat  dengan memori sejarah Provinsi.

“Ikatan itulah, Kami terusik jika negeri ini mengalami stagnasi oleh karena itu kami terpanggil untuk memikul mandat bersama -sama elemen pemerintah lainnya  untuk bersuara bersama kepentingan jalam sejarah kemakmuran negeri ini,” ucapnya.

Selain itu, perjuangan elemen  1999  terpisah dengan kesibukan masing-masing oleh karena kegiatan refleksi sebagai ajang silahturahmi bersama aktifis perjuangan dan silahturahmi antara pemimpin dan rakyat.

Lewat refleksi ini juga menjadi medium  terbaik untuk mendengar testimoni pada tokoh dan  pesan penulisan kembali buku sejarah perjuangan  Provinsi yang jujur dan obyektif.

Hasbi menyampaikan buku ini, menurut hematnya ada bias kuasa dan lepas dari sejarah kepalsuan sejarah. “Bukan karena kami ingin di kenang sebagai pejuang tetapi ada pesan etik dan moral bahwa hanya mereka yang tahu sejarah negerinya yang akan menyusun batu bata masa depan negerinya,” terangnya.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here