Balapan Perdana MotoGP Geser ke AS

0
549
BATAL: Suasana podium GP Qatar musim lalu. Tahun ini seri pembuka tersebut dibatalkan akibat merebaknya virus korona. GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – Balapan MotoGP 2020 akan dimulai 5 April nanti di Austin, Amerika Serikat. Kok begitu? Ya, seri pertama GP Qatar resmi dibatalkan kemarin. Sedangkan putaran kedua di Sirkuit Buriram, Thailand, ditunda.
Semua akibat dampak langkah antisipasi kedua negara tuan rumah atas merebaknya Covid-19 yang di tanah air lebih dikenal dengan virus korona.
Tiga organisasi penyelenggara MotoGP, yakni FIM, IRTA, dan Dorna, kemarin resmi mengumumkan bahwa GP Qatar tahun ini dibatalkan. Keputusan itu diambil untuk merespons keputusan pemerintah Qatar yang mulai kemarin membatasi akses bagi warga negara asing untuk mencegah menyebarnya virus yang semakin mengkhawatirkan.
Pemerintah Qatar mewajibkan seluruh pelancong yang datang melalui penerbangan langsung dari beberapa negara, termasuk Italia dan Jepang, menjalani karantina selama 14 hari sebelum beraktivitas di Qatar.
Padahal, mayoritas rombongan pembalap maupun kru MotoGP datang dari Italia yang merupakan markas tim mereka. Hampir semua tim dan kru baru akan tiba awal pekan ini. Artinya, dengan kewajiban karantina selama 14 hari, mereka tidak akan bisa mengikuti rangkaian balapan yang bakal mencapai puncaknya pada 8 Maret nanti.
’’Italia jelas menjalankan peran vital untuk kelas MotoGP. Karena itu, keputusan pembatalan langsung kami ambil untuk kelas premier,’’ tulis FIM dalam rilis resmi sebagaimana dilansir Autosport.
Kendati demikian, pembatalan tersebut tidak berlaku untuk kelas di bawah MotoGP, yakni Moto2 dan Moto3. Sebab, pembalap dan kru dari dua kelas tersebut sudah berada di Qatar dua tiga pekan lalu lantaran harus menjalani tes pramusim terakhir di Lusail. ’’Begitu juga balapan Asia Talent Cup. Ajang itu akan menggelar dua race dan bakal berlangsung sesuai rencana awal,’’ jelas FIM.
Tentu saja, keputusan tersebut mengecewakan banyak pihak. Termasuk para rider.Mereka mencurahkan unek-uneknya melalui media sosial. ’’Aku sudah menanti balapan pertama (2020, di Qatar) sejak balapan terakhir tahun lalu selesai. Jadi, sedih sekali dan kecewa karena kami sudah bekerja dengan sangat baik (di tes pramusim). Tetapi, inilah yang harus terjadi,’’ ungkap bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo di laman Instagram-nya.
Beberapa jam setelah pembatalan GP Qatar, seri kedua GP Thailand yang sejatinya berlangsung pada 22 Maret mendatang juga resmi ditunda. Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah Thailand berkomunikasi intensif dengan FIM dan Dorna. Namun, sampai kemarin belum diputuskan tanggal pengganti untuk GP Thailand.
Dengan batalnya dua balapan pertama MotoGP tahun ini, seri pembuka musim 2020 akan start di GP Amerika Serikat (AS). Ajang tersebut berlangsung pada 5 April mendatang di Circuit of the Americas (COTA), Austin. (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here