Menjegal Revans Kuda Hitam

Liverpool vs FC Porto

0
446
Penyerang andalan Liverpool Mohamed Salah. (foto: idntimes.com)

HARIANHALMAHERA.COM— Dibanding tiga wakil Inggris lainnya, Liverpool satu-satunya yang diuntungkan dari hasil drawing babak perempat final Liga Champions karena hanya bertemu wakil protugal, FC Porto.

Diatas kertas, skuad asuhan Juergen Klopp ini lebih diunggulkan, sebab wakil Portugal itu bukan lawan yang asing bagi Mohamed Salah dkk. Musim lalu, The Dragon, julukan FC Porto disingkirkan The Reds di babak 16 besar setelah kalah agregat 5-0.

Apalagi, tuan rumah tengah dalam kondisi kepercayaan diri tinggi setelah sukses mengambil alih puncak klasemen liga Inggris usai mengalahkan Southampton 3-1 di akhir pekan kemarin.  Trio penyerang The Reds. Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah pun berada dalam kondisi siap tempur.

Kendati begitu, Klopp tetap memandang laga dinihari nanti sebagai salah satu yang krusial. Ia ingin anak asuhnya tetap ambisius namun tidak serakah. Dia menegaskan, para pemainnya wajib mengerahkan seluruh kemampuan untuk merebut kemenangan di kandang.

The Reds memang punya catatan bagus kala tampil di kandang. Mereka belum terkalahkan dalam 20 laga kandang terakhirnya di kompetisi Eropa.

“Kami akan melakukan segala cara (untuk dapat meraih kemenangan), apalagi bermain di Anfield dan ini adalah babak perempat final​ Liga Champions. Pertandingan nanti sangatlah besar,” tegasnya.

Liverpool memang wajib waspada. Sebab, berkaca pada leg pertama babak 16 besar musim lalu di Anfield, tim asuhan Sergio Conceicao itu mampu mehanan imbang tuan rumah 0-0.

Apalagi, Porto punya dua penyerang berbahaya yakni Jesus Corona dan Mousa Marega. Keduanya merupakan pencetak gol terbanyak FC Porto di Liga Champions saat ini. Corona mencetak 3 gol dan Marega 6 gol.  Merega juga selalu mencetak gol dalam enam penampilan terakhirnya untuk Porto di kompetisi ini.

Bek Porto, Pepe, sesumbar timnya akan mampu membalaskan dendam pertemuan musim lalu itu.

“Saya sudah memenangkan Liga Champions tiga kali (bersama Real Madrid) dan musim ini akan menjadi yang keempat. Itu kehendak Tuhan,” terang saat diwawancarai laman resmi UEFA.

Pepe menyadari bahwa Liverpool merupakan tim kuat, meskipun demikian dia meyakini sebagai tim kuda hitam, Porto memiliki kemampuan untuk menang jika mampu bermain seperti yang biasa mereka lakukan.

Menurut dia, FC Porto, tak akan mengubah gaya permainan menyerang saat menghadapi Liverpool.

“Kami tahu kami memiliki tugas yang berat, melawan tim kuat yang bermain dengan gaya pelatih mereka.” katanya.

Pepe memang tidak akan tampil di laga dinihari nanti akibat terkena skorsing. Selain dia, Conceicao juga akan kehilangan Gelandang dan kapten Hector Herrera. Sementara itu, penyerang Vincent Aboubakar masih dibekap cedera dan kondisi bek sayap Alex Telles cukup meragukan.(bln/pur)

Liverpool (4-3-3):
Alisson; Arnold, Matip, van Dijk, Milner; Henderson, Keita, Wijnaldum; Salah, Mane, Firmino.
Pelatih: Jurgen Klopp

Porto (4-4-2):
Casillas; Militao, Felipe, Leite, Telles; Corona, Danilo, Otavio, Brahimi; Marega, Soares.
Pelatih: Sergio Conceicao

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here