AGK Hadiri Rakornas Satgas Illegal Fishing

0
382
Suasana Rakor yang dipusatkan di Gedung Mina Bahari 3 Kementerian Kelautan dan Perikanan

HARIANHALMAHERA.COM– Sebagai salah satu provinsi yang kerap terjadi illegal fishing, Malut ikut diundang dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara illegal 2019.

Rakor yang dipusatkan di di Gedung Mina Bahari 3 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu dihadiri langsung Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK).

Menteri KKP Susi Pudjiastuti, saat membuka rakornas itu mengatakan Rakornas ini mungkin menjadi yang terakhir dia hadiri dalam pemerintahan saat ini. Walau begitu, dia berharap Satgas 115 tetap berjalan hingga periode selanjutnya. Sehingga sumber daya laut Indonesia terus dijaga, agar para pencuri ikan tidak kembali lagi. “Saya bisa merasakan bahwa Indonesia bisa bersatu, saya juga berharap ini bukan Rakornas terakhir untuk satgas 115,” ujar Susi.

Pasca dibantuk, Susi menyebut banyak capaian yang dilakukan Satgas. “Ini dapat di buktikan dengan naiknya neraca perdagangan ikan di Indonesia yang menduduki peringkat satu di Asia Tenggara dan nelayan dapat dengan muda mendapatkan ikan serta kesejahteraan nelayan meningkat,” katanya.

Susi juga mengakui adanya kekurangan dan akan banyak sekali tantangan yang dihadapi,
khususnya pengamanan kecukupan pangan Indonesia. Karena itu dia meminta agar semua
pihak ikut membantu berupaya menjaga sumber daya laut yang ada saat ini.

“Tidak muda dalam melalukan penegakkan hukum dan aturan kepada para mafia perikanan yang selama ini terbiasa melanggar aturan, kami menyadari perlu adanya upaya yang keras agar pengelolaan perikanan dan kelautan nasional menjadi tertib,” ungkapnya. (tr3/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here