Kurangi Kecanduan Gadget dengan Perpuskel

0
471
Ilustrasi {Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Malut membuka layanan perpustakaan keliling (Perpuskel) di tiga daerah yakni Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Kegiatan yang mengusung tema “ayo membaca” itu menurut Plt Kadisarpyus Malut, Rahwan K Suamba bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya budaya membaca.

“Mobil perpuskel akan dioperasikan saat dijam-jam istirahat siswa sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar di kelas,” katanya.

Layanan ini pun mendapat respon positif dari para pengajar maupun antusias dari pelajar itu di tiga daerah itu. ”Minat baca para pelajar saat ini sangat tinggi, dan itu terbukti ketika kita melakukan Layanan Perpustakaan Keliling di tiga tiga daerah, begitu juga dengan respon positif tenaga didiknya,”katanya.

Salah satu tujuan yang melatarbelakangi Perpuskel ini juga tak lain adalah untuk meminimalisir para pelajar yang cenderung menggunakan gadget sebagai media alternatif sarana belajar dengan mengesampingkan literatur buku sebagai media utama.

Efek lain dari penggunaan gadnet bagi para pelajar katanya juga berpengaruh pada waktu
belajar yang akan berkurang dan beberapa efek negatif lain dibanding dengan buku sebagai media belajar.

”Untuk itu saya ingatkan kepada orang tua agar marih kita sama-sama dapat mengontrol
aktivitas anak ketika menggunakan andorid. Sehingga, dengan adanya gerakan ayo membaca yang dilakukan melalui program layanan Perpuskel ini dapat menumbuhkan dan meningatkan minat membaca yang lebih tinggi,” ucapnya. (tr3/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here