Surat Suara Kabupaten/Kota di Malut Didistribusi Hari Ini

0
437
Ilustrasi surat suara. (foto: beritagar.id)

HARIANHALMAHERA.COM— Sebanyak 4.019.000 lembar surat suara untuk Pemilu serentak di Malut, baru akan didistribusi hari ini. Sebelumnya, surat suara tiba di Pelabuhan Ahmad Yani, Sabtu (23/3) sore. Surat suara yang dimuat dalam tujuh kontainer itu, baru dibuka pada Minggu (24/3).

“Kapal sudah tiba sejak Sabtu sore. Pagi ini (Minggu, red) baru dibongkar. Rencananya Senin baru dibuka dan didistribusikan ke Kabupaten/kota,” kata anggota KPU Malut Buchari Mahmud kepada Harian Halmahera, (24/3).

Berdasarkan jadwal, lanjutnya, surat suara harus sudah berada di masing-masing TPS sehari sebelum pencoblosan.

“Jadi kami hanya memastikan surat suara sudah tiba. Tapi yang bertanggungjawab surat suara sampai ke kabupaten/kota, yakni pihak percetakan,” jelasnya.

Dia berharap, surat terdistribusi secara cepat, sehingga bisa disortir untuk diketahui kekurangannya. Berapa yang rusak atau yang kurang.

“Sortir surat suara tidak harus serempak. Tapi kita berharap secepatnya,” tutup Buchari, sebambari menyebut jumlah surat suara itu sudah termasuk cadangan.

Di sisi lain, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengklaim progres logistic masih on the track. Progres cetak dan distribusi surat suara, misalnya, hingga Sabtu (23/3), diperkirakan sudah lebih dari 95 persen. Artinya, lebih dari 900 juta surat suara telah dicetak dan didistribusikan.(eva/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here