Sanusi Ditemukan setelah 7 Jam Hilang

0
131
Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah - (Foto : MalutToday.com)

HARIANHALMAHERA.COM–SANUSI Mandea (58), nelayan asal Desa Gorua, Kecamatan Morotai Utara, Pulau Morotai yang dilaporkan hilang saat turun melaut pada Selasa (10/5), akhirnya ditemukan selamat.

Dia ditemukan terombang ambing di perairan Tanjung Sopi, Morotai Jaya oleh nelayan setempat sekitar pukul 17.00 WIT.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah menuturkan, Sanusi sebelumnya pukul 12.00 WIT berpamitan kepada rekannya untuk pulang lebih dulu.

Namun, dalam perjalanan pulang itu, mesin long boatanya mengalami kerusakan di tegah laut. “Longboatanya dihantam ombak karena cuaca yang buruk sehingga mesinnya mati. Akhirnya terombang-ambing selama 7 jam dan dibawa arus ke daerah utara Tanjung Sopi,” terang Kepala BAsarnas Ternate Muhammad Arafah.

pada saat rekannya kembali ke desa pukul 15.00 WIT, korban belum juga kembali.  Keluarga pun melaporkan ke pihak Basarnas.

Sebelumnya, Sanusi yang turun melaut sekitar pukul 04.00 WIT, dilaporkan hilang oleh pihak keluarga melalui Pj Kades Gorua Rudwan Ano ke Unit Siaga SAR  Morotai pukul 16.50 WIT

Dia dilaporka  hilang setelah rekannya-rekannya yang pergi memancing bersamanya tidak menemukan Sanusi saat pulang melaut pukul 15.00 WIT.

Arafah mengatakan setelah menerima laporan tersebut  Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai bergerak menuju LKP untuk melaksanakan operasi sar dengan membawa peralatan sar darat dan peralatan sar laut.

Untuk saat ini unsur yang terlibat dalam pencarian tersebut adalah Tim Rescue Unit Siaga Sar Morotai, Masyarakat Desa Bere-Bere.

“Sementara cuaca saat ini berawan, arus permukaan 1-2 KTS ke arah barat laut, agin 4-7 KTS ke arah timur, dan Gelombang 0.5-1.5 Windy.com dan BMKG,” tutupnya.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here