Kesehatan

Sudah Terbiasa Hidup Sosial, Karantina Mandiri Terasa Menyiksa

×

Sudah Terbiasa Hidup Sosial, Karantina Mandiri Terasa Menyiksa

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI karantina mandiri di rumah bikin bosan. (foto: hipwee.com)

HARIANHALMAHERA.COM–KEBIJAKAN berdiam diri di rumah, mungkin awalnya mengasyikkan. Apalagi orang dengan aktivitas harian yang padat. Namun, bagaimana jika berdiam diri di rumah dalam waktu lama, seperti saat pandemi corona sekarang. Sebagian besar menyebutkan terasa menyiksa.

Secara psikologis, perasaan tersiksa ternyata hal yang wajar. Karena selama dua miliar tahun terakhir, otak manusia berkembang pesat demi bersosialisasi. Melansir Science Focus yang dikutip dari CNNIndonesia.com, otak sangat diperlukan untuk memfasilitasi ikatan sosial dan komunikasi.

Dari banyak teori mengenai hal ini, model ecological dominance-social competition adalah yang paling mendekati. Model ini menyebut manusia punya sifat yang sangat komunal dan kooperatif. Artinya, berada di satu kelompok sosial membuat seseorang merasa aman.

Sementara dari sudut pandang ilmiah lainnya, diketahui bahwa banyak bagian di dalam otak yang mengatur soal ikatan sosial dan komunikasi. Mulai dari hormon oksitosin, visual cortex, anterior insular cortex, juga bagian yang mengatur emosi.

Hormon oksitosin bertugas untuk meningkatkan ikatan interpersonal. Visual cortex didedikasikan untuk mendeteksi dan membaca wajah. Sedang anterior insular cortex bertanggung jawab dalam hal empati, kemampuan untuk mendeteksi kondisi emosional orang lain.

Bagi otak, aktivitas sosialisasi menjadi pengalaman yang bersifat low level pleasure. Interaksi dengan orang lain bisa membentuk ide dan pengertian akan lingkungan sekitar. Seseorang juga akan merasa bahwa pilihan yang diambilnya benar akibat interaksi dalam kelompok yang dilakukan sebelumnya.

Isolasi diri dan menghindari kontak dengan orang lain, dalam dunia psikologi, dianggap sebagai satu bentuk siksaan. Studi menunjukkan, aktivitas otak pada orang yang sedang menjalani isolasi persis seperti rasa kelaparan. Otak merasa ‘lapar’, bahkan hanya dalam hitungan 10 jam.

Dengan alur sedemikian rupa, tak heran jika isolasi mengakibatkan stres dan mengganggu perkembangan otak-terutama pada usia muda-yang bisa memicu masalah kesehatan mental.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Beruntung pandemi Covid-19 terjadi pada tahun 2020 saat teknologi telah berkembang pesat. Masyarakat mengembangkan beragam cara untuk tetap berkomunikasi dari jarak jauh. Media sosial juga aplikasi berbasis internet mengisi jurang kebutuhan akan interaksi.

Hanya saja, perlu dipahami pula bahwa komunikasi dan interaksi manusia juga memasukkan beberapa nonverbal seperti kontak mata, ekspresi, dan nada bicara. Komunikasi jarak jauh yang difasilitasi teknologi tak sepenuhnya memuaskan hasrat dan rasa ‘lapar’ otak untuk bersosialisasi.(cnn/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *