Sertifikat Imunisasi Jadi Syarat PPDB

Langkah Pemkot Dorong Capaian Imunisasi

0
88
ILUSTRASI imunisasi pada balita. (foto: parenting.co.id)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemkot Ternate membuat kebijakan untuk mendorong tingkat imunisasi yang sampai saat masih cukup rendah.  Salah satunya menambah syarat proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023.

Dimana, setiap calon siswa yang akan mendaftar di sekolah mulai tingkat PAUD hingga SMP, wajib melampirkan sertifikat Imunisasi.

Pelaksana tugas  Plt) Kpala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ternate, dr Muhammad Sagaf mengatakan kebijakan tersebut juga menjadi rencana strategi kedepan Dinkes yang nantinya akan dibahas bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Ternate.

“Dalam ketentuan Peraturan Wali Kota (Perwali) juga mengatur soal imunisasi. Ini bagian dari strategi Dinkes Kedepan yang akan kita terapkan,” katanya di hadapan para Kepsek dan tenaga kesehatan dalam Rapat  Kordinasi pelaksanaan bulan Imunisasi anak sekolah- bergizi ( Bias- Bergizi) Kamis lalu

Pemberian imunisasi  bagi anak-anak usia 0-12 tahun ini tentunya sangat penting untuk kekebalan tubuh bauk vaksin titanus, Rubella, dan HPV atau  human papillomavirus.

Di Ternate, capaian imunikasi dalam 4 tahun terakhir terjun bebas. Meski begitu, ada beberapa sekolah yang telah mencapai target maksimal Imunisasi bagi siswa, salah satunya di Kecamatan Moti.

Sementara Kadisdik Ternate, Muslim Gani siap mendorong kebijakan tersebut mengingat capaian Imunisasi setiap sekolah baru mencapai angka 20 persen. “Paling tidak dalam satu bulan kedepan bos capai angka 50 persen,” pungkas Muslim dihadapan para kepala sekolah.(par/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here